Sekolah Ini Ajarkan Pekerjaan Rumah Tangga untuk Siswanya

"Sangat berguna bagi siswa kami untuk belajar melakukan tugas-tugas ini".

Mutia Nugraheni
| 20 Mei 2019 08:10

Dream - Menyetrika, menjahit, dan memasak adalah pekerjaan rumah tangga yang harus diajarkan baik pada anak perempuan maupun laki-laki. Ini adalah bagian dari keterampilan hidup yang akan jadi modal di masa depan.

Montecastelo School of Spain, sebuah sekolah di Spanyol menyadari betul hal tersebut. Mereka pun sadar selama ini pekerjaan rumah tangga lebih banyak diajarkan pada anak perempuan. Padahal anak lelaki pun memiliki tanggung jawab yang sama dalam rumah tangga.

Sebuah program untuk mengajarkan siswa untuk melakukan pekerjaan rumah tangga pun dilakukan. Para siswa di sekolah tersebut diajarkan untuk menjahit, memasak, menyeterika dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

 Memasak

" Sangat berguna bagi siswa kami untuk belajar melakukan tugas-tugas ini sehingga, ketika mereka membentuk sebuah keluarga, mereka terlibat dan tahu bahwa merawat rumah adalah tugas dua orang. Bukan hanya pekerjaan wanita," kata Gabriel Bravo, koordinator program, dikutip dari Brightside. 

Gagasan ini lahir ketika sekolah mencari cara agar mereka dapat mempromosikan kriteria kesetaraan gender untuk siswa mereka. Proyek ini kemudian dikomunikasikan kepada orangtua dan siswa.

" Bagi beberapa orang itu adalah pertama kalinya mereka memegang setrika, itu menyenangkan. Anak-anak rupanya melakukannya dengan semangat dan pada saat yang sama, kami cukup terkejut karena orangtua juga menyambut baik," kata Bravo.

Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer

Jangan Lewatkan