Segera Lakukan Hal Ini Saat Anak Alami Kekerasan dari Pengasuh

Coba berusaha tenang dan pastikan anak sudah dalam kondisi yang aman.

Mutia Nugraheni
| 23 Juni 2021 14:08

Dream - Beredar video di media sosial anak perempuan dari Nindy Ayunda mendapat perlakuan kasar dari babysitter atau pengasuhnya. Nindy mengetahuinya dari rekaman kamera CCTV yang dipasang di kamar sang anak dan beberapa sudut rumah.

Hal itu tentu saja membuat Nindy geram dan berencana untuk melaporkan pengasuh anaknya itu ke pihak kepolisian. Pengalaman Nindy ini tentunya jadi pelajar berharga bagi banyak orangtua.

Terutama jika ayah dan ibu bekerja di luar rumah dan mempercayakan anak-anaknya pada pengasuh. Kita berharap yang mengasuh anak adalah pekerja yang baik dan bisa dipercaya tapi tak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dan pengawasan seperti yang dilakukan Nindy.

Ia memasang CCTV di area rumah tempat favorit anak-anaknya bermain. Dari CCTV orangtua bisa memantau langsung yang terjadi di rumah melalui ponsel mereka. Jika terjadi kekerasan atau hal lain bisa langsung diketahui dan terekam.

Lalu bagaimana jika diketahui anak mengalami kekerasan dari pengasuhnya?

Pada anak yang masih belum bisa bicara atau dibawah satu tahun, dikutip dari MayoClinic, segeralah lakukan pemeriksaan fisik. Bawa anak ke dokter dan ceritakan situasinya.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik atau mungkin laboratorium dan tes lainnya untuk mengetahui kondisi anak. Hal ini sangat penting untuk megetahui sejauh apa kekerasan terjadi dan bisa jadi bukti untuk pelaporan ke pihak berwajib.

Pada anak yang sudah besar di atas 5 tahun, hal yang paling dikhawatirkan adalah kondisi psikologisnya dan trauma. Pemeriksaan fisik juga penting dilakukan tapi harus hati-hati dan sebaiknya di bawah pendampingan psikolog.

 

Selanjutnya :

Libatkan Bantuan Profesional

Peran SBY Saat Main Film" The Tomorrow War" Bareng Chris Pratt

Jangan Lewatkan