Seberapa Jauh Orangtua Boleh Terlibat Urusan Percintaan Anak?

Melihat anak patah hati tentunya juga ikut merasa sedih, bahkan berkali-kali lipat lebih sedih.

Mutia Nugraheni
| 9 Maret 2021 16:02

Dream - Hubungan percintaan pada orang yang sudah dewasa tentunya dilakukan secara sadar, dengan menimbang segala konsekuensinya. Pada anak yang sudah dewasa di atas 20 tahun, tentunya hubungan yang mereka jalin tak selalu berjalan mulus.

Pastinya bakal muncul konflik atau kandas di tengah jalan dan menimbulkan kesedihan serta luka hati. Sebagai orangtua, melihat anak patah hati tentunya juga ikut merasa sedih, bahkan berkali-kali lipat lebih sedih. Mungkin seperti yang dialami ibu dari Felicia, mantan kekasih putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

Sebenarnya, sejauh apa orangtua bisa terlibat urusan percintaan anak? Ekaterina Sivanova, seorang psikolog keluarga memberikan penjelasan. Menurutnya memang wajar jika orangtua ingin melindungi anaknya, tapi dalam hal pribadi terkait percintaan jangan terlibat banyak.

" Secara umum, orangtua hanya dapat mempengaruhi seorang anak sampai mereka berusia dua belas tahun. Namun setelah itu, ketika lingkaran sosial berkembang, mereka mulai hidup dalam masyarakat berdasarkan pengalaman yang mereka peroleh dalam keluarga," kata Ekaterina, dikutip dari  Pravmir.com.

Menurutnya, hal yang bisa dilakukan orangtua saat anak mengalami masalah percintaan adalah berdoa. Doa merupakan sugesti positif, setelah itu mungkin bisa meminta bantuan dari sosok yang dianggap berpengaruh oleh anak.

 

Selanjutnya :

Jangan Menghakimi

Webinar Ruang Keluarga So Klin Antisep

Jangan Lewatkan