Rutinitas yang Bikin Ikatan Orangtua Anak Makin Kuat

Penting untuk memastikan bahwa kita menghabiskan waktu lima kali lebih banyak untuk hubungan yang positif dengan anak.

Mutia Nugraheni
| 27 Januari 2021 14:01

Dream - Semua orangtua mendambakan memiliki hubungan yang dekat dengan anak-anaknya. Hubungan yang memiliki ikatan dan kedekatan tak lantas muncul secara otomatis dan harus diusahakan, termasuk antara orangtua dan anak.

Saat hubungan kita dengan anak-anak kuat, kita akan menerima sebanyak yang kita berikan. Itulah yang membuat pengasuhan layak untuk semua pengorbanan.

" Hubungan dekat juga satu-satunya alasan mengapa anak-anak mau mengikuti aturan kita. Anak-anak yang merasa sangat terhubung dengan orangtuanya ingin bekerja sama, jika bisa. Saat anak mempercayai kita untuk memahami dan berada di pihak mereka, mereka termotivasi untuk mengikuti jejak kita," ujar Laura Markham, psikolog yang juga pendiri AhaParenting.

Ia mengingatkan kita bahwa kita membutuhkan lima interaksi positif untuk setiap interaksi negatif untuk menjaga hubungan tetap sehat. Orangtua cenderung menghabiskan begitu banyak waktu untuk membimbing - alias mengoreksi, mengingatkan, memarahi, mengkritik, mengomel, dan berteriak.

Penting untuk memastikan bahwa kita menghabiskan waktu lima kali lebih banyak untuk hubungan yang positif dengan anak. Berikut caranya.

 

Selanjutnya :

Pelukan dan Bermain

Vaksin Covid-19 Jawaban Nabila Atmaja di Tengah Pandemi

Jangan Lewatkan