Repetisi, Kunci Buah Hati Mempelajari Hal Baru

Dalam proses mempelajari sesuatu anak memang cenderung melakukan secara berulang-ulang.

Mutia Nugraheni
| 13 November 2019 10:05

Manfaatkan Tulisan di Sekitar

Anak tak perlu harus membaca buku khusus. Bacaan-bacaan yang ada di rumah sebenarnya bisa juga membuatnya penasaran, apalagi yang memiliki gambar menarik.

Bahkan buku atau bacaan orangtua, seperti majalah, buku resep, koran, kerap membuat anak penasaran karena orangtua membacanya dengan serius.

"Biarkan anak bergabung saat kita membaca bacaan tertentu. Tunjukkan huruf-huruf besar yang terdapat majalah atau koran. Biasanya desain huruf dibuat sangat menarik dan anak ingin bisa membacanya," ungkap Ryan.

Jaga rasa penasaran tersebut. Jika anak menemukan bacaan atau buku lain yang bisa dibacanya meski bukan buku anak, biarkan ia membuka halaman-tiap halaman. Dengan begitu ia ingin bisa membaca agar bisa mengetahui isi cerita di dalamnya.

Buat juga permainan mencari huruf saat sedang di jalan. Misalnya mencari huruf C pada papan iklan. Atau pada anak yang mulai bisa membaca, mencari kata-kata yang mudah.

"Buat suasana yang menyenangkan. Anak tanpa sadar sebenarnya sedang belajar huruf demi huruf dan mengasah kemampuannya membaca, ini jauh lebih efektif," kata Ryan.

Selanjutnya :

Main Gunting Bisa Jadi 'Pemanasan' Anak Belajar Menulis

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan