Remaja Putri Kerap Insecure, Ini yang Penting Dilakukan Orangtua

Insecure bisa karena faktor lingkungan, juga pola asuh orangtua.

Mutia Nugraheni
| 23 Juli 2021 08:06

Dream - Pengaruh media sosial, tekanan dari teman sebaya atau lingkungan kerap membuat remaja putri merasa tak nyaman dengan dirinya sendiri. Tubuh langsing, kulit putih, rambut panjang, standar fisik, termasuk kritikan terus menerus membuat remaja mengalami perasaan tak aman.

Selalu merasa kurang diterima dalam lingkungan jika tak memenuhi standar. Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, seorang psikolog, perasaan insecure pada remaja bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Bisa karena faktor lingkungan, juga pola asuh orangtua. Penting untung menjaga sikap dan menjadi teladan yang baik. Lakukan hal-hal berikut untuk membantu si remaja putri menghadapi rasa insecure-nya.

Jadilah Contoh yang Baik
Anak akan mengamati dan belajar dari cara orangtuanya menangani kesulitan, berinteraksi dengan orang lain, dan menghargai diri sendiri. Jika orangtuanya melakukan kebaikan dan memiliki kepercayaan diri yang baik, itu artinya ayah bunda telah berada di jalur yang benar.

Jika orangtuanya sering berbicara kasar, mengeluh, bergosip, dan berkomentar negatif terhadap banyak hal, kemungkinan besar anak akan menerima perilaku tersebut sebagai hal yang normal. Mereka pun berpotensi tinggi untuk menirunya.

" Jadilah role model dengan tampil sebagai orangtua yang tenang, termasuk ketika menghadapi sikap anak yang memancing emosi. Bersikaplah terbuka, bersedia minta maaf saat salah, dan tak sungkan untuk berterima kasih pada anak. Menyempatkan waktu untuk sharing dengan anak juga penting,” kata Gracia dikutip dari KlikDokter.

Tidak cukup hanya dengan itu, orangtua juga mesti berperan dalam membangun rasa percaya diri anak. Caranya adalah dengan berkomentar positif tentang diri sendiri sebagai orang tua, bisa mengenai penampilan, karier, dan kehidupan secara umum.

 

Selanjutnya :

Apresiasi Pencapaian Anak

Begini Bentuk Jersey Club Bola Milik Raffi Ahmad Di Desain Khusus Ivan Gunawan

Jangan Lewatkan