Rasulullah Larang Anak Keluar Rumah Saat Maghrib

Hadis ini pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW secara langsung.

Mutia Nugraheni
| 12 November 2018 08:12

Dream - Saat Magrib datang, pastikan Anda mengajak anak-anak untuk masuk ke rumah. Jangan biarkan mereka berkeliaran dan bermain di luar.

Dikutip dari Bincang Syariah, larangan orangtua kepada anaknya untuk berada di luar rumah saat senja atau magrib telah datang sangatlah tepat.

Bahkan di dalam kitab Shahih Al-Bukhari terdapat riwayat hadis yang menjelaskan hal ini:

 Jabir bin Abdillah

Dari Jabir bin Abdillah r.a. ia memarfu’kannya (kepada Rasulullah saw.) berkata, “ Tutuplah bejana-bejana, tempat-tempat minum, pintu-pintu, tahanlah anak-anak kecil kalian (di rumah) ketika Isya’, karena sungguh jin bertebaran dan dapat menculik, dan matikanlah lampu-lampu ketika hendak tidur, karena fuwaisiqah (tikus kecil) terkadang menyenggol sumbu dan bisa membakar pemilik rumah (isi rumah).” (HR. Al-Bukhari).

Riwayat Jabir bin Abdillah r.a. tersebut berhukum marfu’, artinya hadis ini pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW secara langsung.

Berdasarkan penjelasan teks hadis di atas, maka sebenarnya larangan anak-anak berkeluyuran ketika malam hari adalah anjuran agama.

Selain disebabkan waktu petang adalah waktu bertebarannya jin dan setan, waktu petang juga adalah waktu diselenggarakannya salat magrib.

Maka, sangat tepat sekali jika orangtua menyuruh anak-anaknya pulang agar terkontrol pelaksanaan salat wajibnya dengan baik.

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

IEL University Super Series 2021 | DOTA 2 Group Stage | Selasa, 23 Februari 2021

Jangan Lewatkan