Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Punya Anak Lelaki dan Perempuan, Nabi Muhammad SAW Ingatkan Tak Boleh Pilih Kasih

Punya Anak Lelaki dan Perempuan, Nabi Muhammad SAW Ingatkan Tak Boleh Pilih Kasih Keluarga/ Foto: Shutterstock

Dream - Bagi sebagian orang, memiliki anak lelaki adalah sebuah kebanggaan. Dianggap bisa membawa nama keluarga dan lebih mudah mencari nafkah. Hal ini membuat beberapa orangtua jadi bersikap pilih kasih terhadap anak lelakinya.

Anak lelaki dibiayi sekolah hingga perguruan tinggi, sementara anak perempuan tidak. Juga sikap dan perlakuan lain yang menunjukkan kalau kasih sayang orangtua tidak sama pada anak-anaknya.

Hal tersebut sangat bertentangan dengan hal yang diajarkan Rasulullah SAW. Dikutip dari BincangMuslimah, Nabi Muhammad SAW dalam suatu hadis riwayat Ibn ‘Abbas bersabda

Riwayat Ibnu Abbas

Artinya; Diceritakan dari Ibn ‘Abbas, Nabi Muhammad bersabda; Siapa saja yang memiliki anak perempuan, tidak dikuburkannya hidup-hidup dan tidak dihinakannya dan tidak dilebihkan anak-anak laki-lakinya dari perempuan, maka Allah akan memasukannya ke dalam surga. (HR. Abu Dawud)

 

Amanah dari Allah SWT

Dijelaskan dalam kitab Aunul Ma’bud Hasyiyah Ibnul Qayyim, hadis di atas pada hakikatnya masih berhubungan dengan budaya Arab di zaman jahiliah yang membedakan perlakuan terhadap anak laki-laki dan perempuan. Hal ini dapat kita lihat dari peletakan hadis dalam satu bab yang berbicara tentang pendidikan keluarga. Meskipun demikian, konteks ini masih relevan dengan konsep pilih-kasih yang sering kita dapati dalam sebuah keluarga.

Dampak dari perlakuan berlebihan terhadap anak juga pernah ada dalam sejarah Islam. Yaitu kisah Nabi Yusuf putra tersayang dari Nabi Ya’qub yang membuat saudara-saudaranya menyimpan dendam dan amarah sehingga terjadilah kisah pembuangan Nabi Yusuf sebagaimana yang dikisahkan dalam QS. Yusuf.

Memiliki anak laki-laki dan perempuan adalah amanah Allah yang harus dijaga dengan baik. Memperlakukan anak secara adil dengan sama-sama memberi kesempatan adalah hal yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Selengkapnya baca di sini.

Anjuran Membaca Alfatiha 41 Kali untuk Anak Setelah Tahajud

Dream - Sebagai orangtua, kita harus selalu meminta perlindungan dari Allah SWT untuk buah hati baik saat sekarang atau di masa mendatang. Caranya adalah dengan memanjatkan doa-doa tulus untuk buah hati, sebagai bagian dari menjaga amanah Allah SWT.

Pengasuh Pondok Pesantren Putri KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Nyai Hj Tho’atilah Ja’far menjelaskan kalau anak juga bisa membuat cinta kasih dalam keluarga bisa menjadi berkali lipat. Jangan bosan untuk memohon kepada Allah SWT agar kelak anak menjadi pribadi yang soleh dan soleha.

Ia mengingatkan untuk selalu menjadi teladan yang baik. Termasuk membentuk lingkungan keluarga dan rumah menenangkan, menyenangkan dan bernuansa Islami. Hal yang juga penting adalah memanjatkan doa khusus untuk anak setelah salah Tahajud.

“Setiap malam usahakan baca surat Al-Fatihah sebanyak 41 kali untuk satu anak, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa, allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waffiqhum li tho'atika, war zuqniy birrohum. Artinya, ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan marabahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka,” ungkap Nyai Tho’ah dikutip dari NU Online.

Selengkapnya baca di sini.

Hadapi Cobaan dari Anak, Bagaimana Menghadapinya dalam Islam?

Dream - Buah hati yang dianugerahkan Allah SWT, merupakan amanah yang harus selalu dijaga. Terkadang, lewat buah hati juga Allah memberikan ujian dan cobaan. Seringkali orangtua merasa sedih dan terpuruk, ketika anak-anaknya melakukan keburukan atau mengalami hal yang memilukan.

Ustazah Ninih Muthmainnah atau akrab disapa Teh Ninih, lewat akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah mengingatkan, ujian tiap orang berbeda-beda. Ada yang diuji dengan pasangannya, orangtuanya, atau anak-anaknya.

"Walau berbeda jenisnya, solusinya tetap mengarah pada satu titik yang sama: dekati Allah, mintalah pertolongan-Nya dan jalankan ikhtiar dalam koridor ketaatan kepada-Nya," ungkap Teh Ninih.

Bagi orangtua yang diuji dengan ketidaksalehan anaknya, Teh Ninih mengingatkan untuk terus beristighfar, memohon ampunan Allah. Hal ini karena bisa jadi buruknya sifat anak adalah karena kesalahan kita dalam mendidiknya.

Setelah itu, berusahalah untuk memperbaiki diri. Doakan dia dengan doa-doa terbaik terbaik kita. Jangan putus pula untuk menasihatinya, memberinya teladan kebaikan, dan tetap menjaga kesabaran kala menghadapinya.

"Boleh jadi, apa yang kita lakukan belum tampak hasilnya sekarang. Namun yakinlah, akan ada masa Allah bukakan hatinya sebagai buah kesungguhan dan keikhlasan doa-doa kita, orangtuanya," pesan Teh ninih.

Hikmah Orangtua Berpuasa di Hari Lahir Anak

Dream - Memiliki buah hati dan keturunan yang berakhlak baik, menjalani tuntunan Islam, sukses dunia akhirat merupakan harapan tiap orangtua. Tentunya hal ini harus diusahakan, salah satunya dengan pengasuhan dan menjadi teladan yang baik.

Tak hanya itu, banyak-banyaklah berdoa kepada Allah SWT agar putra putri tercinta selalu dalam lindungan-Nya dan mendapat sukses yang penuh berkah. Bagaimana caranya?

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang, Nyai Hj Raudloh Quds Musthofa al Hafidhah berbagi pengalaman dalam mengasuh putra-putrinya. Hal pertama adalah memberi contoh.

"Jadi, kalau pengasuhan/pendidikan jujur saya dibantu oleh lingkungan dan selalu menanamkan untuk mencontoh sifat baik dari eyang-eyangnya (KH Ahmad Masduqie Machfudh dan KH Ahmad Mustofa Bisri), dan mengenai ibadah shalat, puasa dan lain-lain, selain dimudahkan oleh lingkungan juga kita tidak pernah absen untuk memberi contoh. Jadi, tidak hanya ngajak, tapi juga melakukan," kata Hj Raudloh, dikutip dari NU Online.

 

Alfatiha 100 Kali untuk Anak

Tradisi pesantren yang lekat dengan amalan riyadloh dan tirakat, Hj Raudloh juga melakukannya. Ia memberikan beberapa amalan yang dilakukan sebagai ikhtiar dalam mendoakan keselamatan hidup anak-anaknya.

"Dulu itu saya pernah didawuhi (diberi tahu) sama kakak ipar saya untuk muasani (berpuasa untuk) anak-anak saya. Waktu itu saya diutus puasa hari lahir (kalau anaknya lahir Senin, berarti puasa setiap Senin). Nah, kebetulan anak-anak saya itu hari lahirnya berurutan, Senin-Selasa-Rabu saya tambah Kamis, wis poko'e setiap seminggu iku patang dino (Sudah pokoknya setiap minggu itu empat hari puasa)," ungkapnya.

Hal lain yang dilakukan adalah dengan bersedekah setiap hari lahir anaknya dan mengamalkan amalan wirid. "Kalo wiridan itu yang saya amalkan sekarang itu Fatihah setiap hari 100 kali, katanya suami sih boleh dicicil boleh juga sekali dudukan, pokonya jangan sampe kelewat," kata Ning Raudloh.

Selengkapnya baca di sini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Doa agar Anak Dijaga Allah SWT Tulisan Arab, Latin, beserta Artinya yang Wajib Diamalkan Orang Tua!

8 Doa agar Anak Dijaga Allah SWT Tulisan Arab, Latin, beserta Artinya yang Wajib Diamalkan Orang Tua!

Doa yang diucapkan untuk anak adalah bentuk cinta dan perhatian dalam mendidik anak agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Keutamaan Sedekah Menurut Hadis Nabi yang Luar Biasa, Salah Satunya Bisa Jauhkan dari Musibah

Keutamaan Sedekah Menurut Hadis Nabi yang Luar Biasa, Salah Satunya Bisa Jauhkan dari Musibah

Bersedekah tidak membuat seseorang menjadi miskin. Justru, Allah SWT akan memberikan nikmat yang lebih kepada orang tersebut.

Baca Selengkapnya
Sang Anak Akhirnya Mau Menemuinya di Kos-kosan, Fahmi Bo: Ini Seperti Mimpi

Sang Anak Akhirnya Mau Menemuinya di Kos-kosan, Fahmi Bo: Ini Seperti Mimpi

"Alhamdulillah kedua anak saya sudah datang ke kosan saya. Datang beberapa hari yang lalu, saya sampai ngucek-ngucek mata saya 'ini mimpi apa ga?"

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Berhati-hatilah! Perbuatan Ini Tidak Mendapat Ampunan Allah SWT di Bulan Ramadan

Berhati-hatilah! Perbuatan Ini Tidak Mendapat Ampunan Allah SWT di Bulan Ramadan

Memohon ampun dengan setulus hati adalah suatu keharusan bagi seorang hamba kepada Tuhannya.

Baca Selengkapnya
Jangan Bersedih, Perempuan Haid Tetap Bisa Raih Pahala di Bulan Ramadan dengan Amalan-Amalan Ini

Jangan Bersedih, Perempuan Haid Tetap Bisa Raih Pahala di Bulan Ramadan dengan Amalan-Amalan Ini

Setiap amal ibadah di bulan Ramadan, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Kisah Nabi Adam dan Siti Hawa yang Melanggar Larangan Allah SWT karena Bisikan Setan

Kisah Nabi Adam dan Siti Hawa yang Melanggar Larangan Allah SWT karena Bisikan Setan

Keberadaan Nabi Adam dan Siti Hawa di surga, diperintahkan Allah SWT agar tidak mendekati sebuah pohon.

Baca Selengkapnya
Bawaan Hamil Bayi Laki-Laki Menurut Islam yang Perlu Diketahui

Bawaan Hamil Bayi Laki-Laki Menurut Islam yang Perlu Diketahui

Terdapat beberapa ciri yang dapat menandakan bahwa seorang wanita sedang hamil anak laki-laki.

Baca Selengkapnya
Mengapa Orang Hamil Diluar Nikah Lebih Mudah Melahirkan? Ternyata Ini Alasannya!

Mengapa Orang Hamil Diluar Nikah Lebih Mudah Melahirkan? Ternyata Ini Alasannya!

Mereka mampu melahirkan tanpa bantuan orang lain di mana pun, tanpa mengalami perubahan tubuh yang signifikan.

Baca Selengkapnya
Jangan Kecewa Tidak Bisa Puasa, Inilah 5 Amalan Perempuan Haid di Bulan Ramadan yang Datangkan Limpahan Pahala

Jangan Kecewa Tidak Bisa Puasa, Inilah 5 Amalan Perempuan Haid di Bulan Ramadan yang Datangkan Limpahan Pahala

Pahala itu bisa didapatkan dengan cara melakukan amalan-amalan selain puasa, sholat, dan membaca Al-Quran.

Baca Selengkapnya