Psikolog Ungkap 'Over Parenting' Bagai Pisau Bermata Dua

Dampaknya ternyata jangka panjang.

Mutia Nugraheni
| 16 Juni 2021 14:10

Dream - Kehadiran orangtua memang sangat penting bagi anak, tapi pastikan lakukan secara proporsional atau secukupnya. Jangan sampai berlebihan atau over paranting yang justru malah bisa berdampak buruk bagi psikologis anak.

" Apa yang terjadi saat anak diasuh oleh orang tua yang selalu hadir mengatur setiap langkahnya? Dalam istilah pop psychology disebut sebagai " Helicopter Parents" . Terlalu melindungi anak sehingga anak tak memeroleh kesempatan untuk memiliki pengalaman dalam mengelola emosi negatif, seperti; marah, sedih, dan frustrasi termasuk dibatasi dalam berbagai kegiatan bermain dan melakukan eksplorasi," ungkap Roslina Verauli, seorang psikolog profesional dalam akun Instagram resminya.

Maksud hati orangtua mungkin ingin melindungi anak dari kegagalan, rasa kecewa dan kesedihan. Sayangnya, ketika dilakukan secara berlebihan, menurut Vera, malah membuat anak menjadi cemas dan mudah frustrasi.

" Anak tak terampil dalam membangun pertemanan saat di sekolah dasar, apalagi dalam menghadapi kegagalan. Anak tak merasa kompeten tentang dirinya dan selalu tergantung pada orangtua. Saat dewasa, anak bahkan tak mampu mengambil keputusan dan memecahkan masalah untuk dirinya sendiri," tulis Vera.

 

Selanjutnya :

Berdampak Pada Pengelolaan Emosi

Menko Muhadjir Memutuskan PPKM Darurat Diperpanjang - DreamID

Jangan Lewatkan