Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Psikolog Ingatkan Orangtua, Anak Juga Bisa Alami Kecemasan

Psikolog Ingatkan Orangtua, Anak Juga Bisa Alami Kecemasan Anak Mengalami Kecemasan/ Foto: Shutterstock

Dream - Kasus Covid-19 mulai menurun dan beberapa sekolah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka. Setelah dua tahun sekolah di rumah, anak-anak akhirnya ke sekolah untuk belajar.

Tak dipungkiri kondisi ini memunculkan rasa khawatir para orangtua. Anak-anak pun bisa jadi mengalami hal yang sama. Mereka mungkin tampak semangat, tapi juga memiliki kecemasan mengingat situasi pandemi saat ini belum berakhir.

Roslina Verauli, seorang psikolog, mengingatkan para orangtua kalau anak juga bisa mengalami kecemasan dalam situasi sekarang. Banyak orangtua beranggapan kalau anak tak memiliki beban pikiran yang membuatnya cemas.

"Meskipun dunia anak-anak hanyalah bermain dan belajar, namun mereka tetap bisa merasa cemas loh. Hal yang sepele untuk orang dewasa, bisa saja menjadi hal besar untuk anak-anak," tulis Vera, sapaan akrabnya, dalam akun Instagram @verauliforkids.

Menurutnya jika anak sering tiba-tiba menangis, tantrum, pusing, sakit perut, saat menghadapi situasi tertentu, bisa jadi anak sedang mengalami kecemasan. Sebenarnya, kecemasan adalah emosi alamiah yang muncul sebagai respons atas bahaya, untuk menyiapkan individu menghadapi ancaman dari lingkungan.

 

Tak Perlu Ragu Minta Bantuan Profesional

Banyak faktor yang membuat anak mengalami kecemasan. Seperti saat ia kembali ke sekolah dalam situasi pandemi seperti sekarang, situasinya memang jauh berbeda dari sebelumnya. Lalu munculnya perubahan rutinitas atau ketika memasuki lingkungan baru.

Penting bagi orangtua untuk peka terhadap perubahan sikap anak. Saat mendapati anak mengalami kecemasan, menurut Vera, orangtua bisa mencari tahu sumber kecemasan anak. Beri contohkepada anak untuk bersikap tenang, baik melalui perilaku maupun ucapan.

Latih juga anak menghadapi kecemasannya. Misalnya, anak takut tampil depan umum, coba ajak ke tempat umum, memesan makanan dan latih keberaniannya untuk berbicara.

"Kecemasan memang wajar dialami setiap orang tetapi jika sudah terlihat berlebihan hingga mengganggu aktivitas jangan dibiarkan. Minta bantuan profesional," pesan Vera.

Body Focused Repetitive Behaviors, Tanda Anak Terlalu Stres

Dream - Dalam situasi pandemi seperti sekarang, bagi kita semua, perasaan stres datang dan pergi. Untuk remaja? Kondisinya mungkin lebih parah, ditambah dengan lonjakan hormon.

Remaja sangat mudah stres dan risikonya meningkat karena isolasi sosial selama pandemi. Mengingat remaja tidak sering memiliki kesadaran dan keterampilan mengatasi untuk mengidentifikasi perasaan mereka, para ahli mengatakan bahwa stres juga dapat terwujud dalam perilaku atau kebiasaan fisik baru yang disebut perilaku berulang yang berfokus pada tubuh/ Body Focused Repetitive Behaviors (BFRB).

"Pada dasarnya, BFRB adalah istilah umum untuk sekelompok gangguan terkait termasuk mencabut rambut, mencabut kulit, dan menggigit kuku — yang semuanya dapat merusak tubuh secara tidak sengaja," ujar Nicole St. Jean, Psy.D., seorang psikolog dan direktur klinis berlisensi dari Program Trauma Anak Kovler Center di Chicago, AS.

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, hal itu dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan jangka panjang. Tapi apa sebenarnya BFRB itu, dan bagaimana harus menanganinya?

"Secara teknis, BFRB diklasifikasikan di bawah gangguan obsesif-kompulsif dan terkait dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition (DSM-5), klasifikasi standar untuk gangguan kesehatan mental," ujar Jean.

 

Bisa terjadi di segala usia

Ini termasuk trikotilomania (mencabut rambut), gangguan eksoriasi (mencabut kulit), dan perilaku berulang yang berfokus pada tubuh seperti menggigit kuku atau menggigiti bibir. Jika anak remaja memiliki BFRB, mereka mungkin, misalnya, mengorek kulitnya berulang kali saat mengerjakan tugas sekolah.

BFRB dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, remaja mungkin berisiko lebih tinggi karena mereka masih belajar bagaimana menangani emosi dan stres mereka, kata para ahli. Beberapa BFRB lebih umum daripada yang lain. Misalnya, trikotilomania memengaruhi 1 hingga 2 persen populasi (dengan rata-rata usia puncak serangan antara 12 dan 13), dan menggigit kuku memengaruhi 20 hingga 30 persen populasi.

"Mengapa anak remaja mungkin beralih ke salah satu tindakan untuk mengatasinya? Karena kebutuhan sensorik, perlu dirangsang secara lisan, taktil, atau visual — atau kebutuhan emosional — pembebasan dari kebosanan atau menenangkan diri dari stres," kata Ruth Goldfinger Golomb, LCPC, seorang dokter senior di Behavior Therapy Center of Greater Washington.

 

Komponen obsesif kompulsif

Di satu sisi, ini seperti tubuh kembali ke keadaan semula, mirip dengan cara bayi menghisap ibu jari untuk menenangkan diri. Mungkin juga ada komponen obsesif-kompulsif. Pikiran tertentu seperti rambut ini harus dicabut atau kulit saya harus benar-benar halus, misalnya — dapat berkontribusi pada perilaku tersebut. Dan terkadang pola fisik memberikan gangguan dan pelepasan fisik dari hormon perasaan senang.

"Orang yang terlibat dalam perilaku BFRB biasanya mencari penghilang stres atau kepuasan. Hal ini sering kali berbeda dengan hukuman atau gangguan dari emosi yang berlebihan yang sering kali mendorong perilaku melukai diri sendiri," kata Jean.

Kabar baiknya, perilaku ini bisa diatur. Tindakan tersebut memang berakar pada stres dan kecemasan dan dengan demikian dapat berkontribusi pada depresi dan harga diri yang rendah dari waktu ke waktu. Ada juga konsekuensi fisik dari BFRB seperti kerusakan kulit permanen, bekas luka, dan rambut menipis atau rapuh.

 

Bagaimana Mengatasi BRFB?

Jika ada tanda atau gejala BFRB, mungkin sulit untuk mengetahui cara terbaik untuk mendekati anak remaja  — dan mengukur seberapa parah gejalanya. Salah satu cara untuk memulai percakapan, coba minta anak remaja untuk menilai tingkat stres mereka pada skala 1 sampai 10.

"Bila seorang remaja stres pada tingkat 7 lebih dari separuh waktunya, kami merekomendasikan untuk melakukan pengobatan intensif," kata Rachel H Jacobs, Ph.D., asisten profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg, dikutip dari Parents.

Jika anak tak bisa terbuka, lebih suka di tempat tidur sepanjang waktu, kehilangan bersosialisasi dan tidak dapat fokus karena kecemasan, segera periksakan diri ke dokter anak atau psikolog. Ini bisa menandakan masalah kesehatan mental yang lebih serius seperti depresi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anak Dipukul Teman Sebaya, Psikolog Rekomendasikan Hal Ini

Anak Dipukul Teman Sebaya, Psikolog Rekomendasikan Hal Ini

Orangtua kadang langsung terpancing emosi dan meminta anak untuk membalas. Ada juga yang sebaliknya, meminta anak untuk menghindari konflik.

Baca Selengkapnya
Psikolog Ungkap Bahaya Marahi Anak Pagi Hari, Otaknya Jadi Sulit Belajar

Psikolog Ungkap Bahaya Marahi Anak Pagi Hari, Otaknya Jadi Sulit Belajar

Hindari memarahi, apalagi sampai membentak anak ketika ia mau ke sekolah.

Baca Selengkapnya
Anjuran Psikolog Hadapi Rengekan Anak yang Mengeluh Bosan

Anjuran Psikolog Hadapi Rengekan Anak yang Mengeluh Bosan

Jangan langsung membantunya mencari kegiatan ketika ia mengeluh bosan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Pemicu Anak Sering Keluhkan Sakit Perut, Bisa karena Gangguan Psikologis

4 Pemicu Anak Sering Keluhkan Sakit Perut, Bisa karena Gangguan Psikologis

Banyak orangtua yang langsung menanyakan makanan/ minuman yang dikonsumsi anak sebelum mengeluhkan sakit perut.

Baca Selengkapnya
5 Rekomendasi Permainan yang Latih Kecerdasan Emosi Anak dari Psikolog

5 Rekomendasi Permainan yang Latih Kecerdasan Emosi Anak dari Psikolog

Anak-anak perlu dikenalkan beragam emosi, menyalurkannya dengan tepat dan baik, lalu dilatih untuk mengontrolnya.

Baca Selengkapnya
3 Kelainan yang Sebabkan Anak Suka Jatuh Saat Berjalan

3 Kelainan yang Sebabkan Anak Suka Jatuh Saat Berjalan

Pada kasus tertentu ternyata adanya kelainan yang membutuhkan terapi dan intervensi medis.

Baca Selengkapnya
Anak Ternyata Juga Bisa Mengalami Hipertensi, Ketahui Faktanya

Anak Ternyata Juga Bisa Mengalami Hipertensi, Ketahui Faktanya

Masalah kesehatan ini sering diidentikkan dengan orang tua dan dewasa, padahal anak-anak juga bisa mengalaminya.

Baca Selengkapnya
Pesan Dokter Anak Biar Si Kecil Sealalu Fit di Perjalanan Panjang Saat Liburan

Pesan Dokter Anak Biar Si Kecil Sealalu Fit di Perjalanan Panjang Saat Liburan

Perhatikan betul kenyamanan anak dan asupannya selama perjalanan.

Baca Selengkapnya
Anak Tidur Sebaiknya Dalam Kondisi Gelap, Dokter Jelaskan Alasannya

Anak Tidur Sebaiknya Dalam Kondisi Gelap, Dokter Jelaskan Alasannya

Tidur dengan lampu menyala juga membuat anak cenderung terbangun bukan dengan rasa segar.

Baca Selengkapnya