Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Protes Terus Bermunculan Tanggapi Larangan Kuncir Kuda Bagi Siswi di Jepang

Protes Terus Bermunculan Tanggapi Larangan Kuncir Kuda Bagi Siswi di Jepang Siswi Jepang

Dream ─ Tiap negara memiliki aturan tersendiri terkait pendidikan dan penerapan disiplin. Jepang, dikenal dengan negara yang memiliki cukup banyak aturan dan warganya sangat disiplin.

Rupanya, ada aturan yang diperuntukkan bagi para siswi Jepang dan cukup memicu kontroversi. Aturan tersebut yaitu melarang murid perempuan menguncir rambut ala ekor kuda ke belakang.

Hal tersebut dilakukan karena gaya kunciran dianggap dapat memicu gairah siswa laki-laki karena melihat tengkuk murid perempuan. Tidak ada statistik nasional tentang jumlah sekolah yang menerapkan larangan tersebut.

Survei 2020 menunjukkan bahwa satu dari sepuluh sekolah di wilayah selatan Fukuoka melarang gaya rambut kuncir kuda. Orangtua para siswi akhirnya banyak yang protes dan hal ini membuat pemerintah Jepang meminta dewan pendidikan prefektur untuk meninjau aturan kontroversial tersebut.

Siswi Jepang

Beberapa sekolah sebenarnya telah merevisi aturan, namun masih banyak juga yang menerapkannya. Sugiyama, salah satu guru yang sudah bekerja selama 11 tahun di kawasan Shizuoka, mengungkap sekolah tempatnya mengejar mulai tak menerapkan aturan tersebut.

Menurutnya, saat menerapkan aturan tertentu sekolah biasanya tak menjelaskan pada murid alasan diterapkannya. Seringkali, motif di balik aturan tidak didasarkan pada logika apa pun.

"Misalnya, sekolah yang tidak mengizinkan kuncir kuda, tapi mengizinkan potongan rambut bob yang mengekspos area leher sebanyak yang bisa dilakukan dengan kuncir kuda. Karena ketika undercut dapat diterima dan beberapa siswa tergoda untuk membuat mohawk dan harusnya dapat diterima,” kata Sugiyama.

Sumber: Japan Inside 

Denada Ungkap Habiskan Rp350 Juta untuk Sekolah Putrinya di Singapura

Dream - Semangat Denada untuk mengasuh putri semata wayangnya, Aisha, tak pernah padam. Sang putri divovis mengidap penyakit leukimia sejak usia 5 tahun. Saat baru tahu, tentu saja Denada sangat sedih dan syok, apalagi ia telah bercerai dengan Jerry Aurum, ayah Aisha.

Pengobatan pun dijalani Aisha. Sempat dilakukan di Indonesia tapi akhirnya Denada memutuskan untuk melakukan perawatan putrinya di Singapura. Ia menyewa apartemen, menjual berbagai asetnya, dan bekerja keras untuk biaya pengobatan di RS di Singapura Aisha sendirian.

Pasalnya, Jerry Aurum harus mendekam di penjara karena kasus narkoba. Kini, kondisi Aisha stabil dan mulai beraktivitas normal. Bocah berusia 9 tahun bahkan sudah mulai bersekolah.

Lewat Youtube channel DENADA OFFICIAL, putri Emilia Contessa ini kerap membagikan kesehariannya bersama sang putri. Salah satu video yang cukup mengharukan adalah saat Aisha sekolah untuk pertama kali.

Sejak kecil Aisha banyak jalani pemeriksaan, sehingga ia tak pernah ke sekolah. Pendidikan yang dijalaninya adalah home schooling, sehingga Denada sangat terharu saat menyiapkan keperluan anaknya ke sekolah.

"Bismillahhirahmanirrahim, dia yang mau sekolah, gue yang deg-degan, tapi seneng banget Alhamdulillah akhirnya dia sekolah," kata Denada dalam video tersebut.

 

Biaya Sekolah Aisha

Sambil menyiapkan keperluan yang harus dibawa putrinya ke sekolah, Denada juga bercerita kalau uang pendidikan Aisha di negeri tetangga ini cukup besar. Mencapai ratusan juta.

"Dia sudah masukin sendiri, ada pensil rautan, school suplies yang lainnya sudah disediakan, jadi termasuk uang sekolah yang kita bayar. Jangan tanya ya bayar berapa uang sekolahnya, mau tahu nggak? Aduh, aku lupa tepatnya berapa ya, tapi sekitar 30-an ribu Dollar Singapura per tahun jadi hampir 350 juta, hahaha, gapapa ya yang penting Allah pasti tolong, kasih jalannya gimana," ungkap Denada.

Berikut videonya.

 

 

Antar Putra Bungsunya Sekolah, Kang Emil Ikut Masuk Kelas

Dream - Arkana Aidan Misbach, putra bungsu Gubernur Jawa Barat mulai bersekolah. Arka, panggilan akrabnya, memang baru berusia 2 tahun dan sekolah tempatnya belajar memang diperuntukkan bagi anak di bawah lima tahun (balita) agar belajar bersosialisasi dan menstimulasi tumbuh kembangnya.

Rupanya di hari-hari pertama Arka sekolah, sang ayah turun langsung mendampinginya. Suami dari Atalia Praratya ini sebelum bekerja mengantarkan Arka ke sekolah. Tak hanya itu, ia pun ikut duduk dalam kelas.

Tampaknya Arka masih dalam tahap orientasi sehingga orangtua bisa mendampingi dalam kelas. Bocah lucu itu pun duduk manis di bangku bersama ayahnya. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dengan sabar menemani Arka.

Arkana

Sebelum masuk kelas, Kang Emil juga membukakan sepatu putranya itu, lalu mereka pun masuk kelas dengan riang. Momen manis dibagikan Kang Emil di akun Instagram pribadinya.

 

 

Lihat Video Gemasnya

"PAGI MENGANTAR SEKOLAH, si anak bungsu Arka, sebelum berkegiatan dinas di hari Jumat ini. Semoga generasi berikutnya ini menjadi generasi lebih pintar, lebih kompetitif, lebih shaleh dan lebih sejahtera dibandingkan generasi sebelumnya. Aamiin," tulisnya dalam video yang diunggah.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Komentar kocak pun bermunculan. "Enk ya dianter sekolah sama gubernur, auto jadi pentolan di sekolah," ungkap salah satu akun.

"Gimana ya rasanya, jd gurunya ngajar ditungguin pak gubernur," komentar lainnya.

"Enak banget baru kali ini anak sekolah di anter gubernur nya," tulis warganet.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Aksi Siswa Laki-laki Tidak Ambil Kesempatan 'Cuci Mata' dengan Menjaga Pandangan Saat Teman Wanita Menari Ini Banjir Pujian
Aksi Siswa Laki-laki Tidak Ambil Kesempatan 'Cuci Mata' dengan Menjaga Pandangan Saat Teman Wanita Menari Ini Banjir Pujian

Anak-anak muda tersebut lebih memilih untuk 'menundukkan' pandangan daripada melihat pertunjukan tarian teman perempuan mereka.

Baca Selengkapnya
Cerita Mahasiswi Disukai Pocong setelah Pulang Kuliah Malam, Kaki Dijilat dan Dipelototi Saat Tidur
Cerita Mahasiswi Disukai Pocong setelah Pulang Kuliah Malam, Kaki Dijilat dan Dipelototi Saat Tidur

Sosoknya mengerikan, melompat dari jendela asrama dan gigit kaki sang gadis

Baca Selengkapnya
Jauh-Jauh Kerja ke Jepang, TKI Ini Curhat Atasannya Orang Madura
Jauh-Jauh Kerja ke Jepang, TKI Ini Curhat Atasannya Orang Madura

Pria ini justru memiliki atasan yang berasal dari Madura, Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Alasan di Balik Larangan Ikat Rambut Berwarna untuk Anak SD di Jepang
Alasan di Balik Larangan Ikat Rambut Berwarna untuk Anak SD di Jepang

Orangtua sampai ditelepon pihak sekolah jika anaknya kedapatan pakai kunciran warna-warni.

Baca Selengkapnya
Siswa di Korea Selatan Gugat Pemerintah Akibat Ujian Berakhir 90 Detik Lebih Cepat
Siswa di Korea Selatan Gugat Pemerintah Akibat Ujian Berakhir 90 Detik Lebih Cepat

Puluhan siswa menuntut pemerintah karena korupsi ujian 90 detik lebih awal

Baca Selengkapnya
Deretan Artis Pria yang Lakukan Sulam Alis, Penampilannya Kini Bikin Pangling
Deretan Artis Pria yang Lakukan Sulam Alis, Penampilannya Kini Bikin Pangling

Tak hanya wanita, sederet artis pria ini pun selalu menjaga penampilannya. Mereka pun rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan penampilan yang sempurna.

Baca Selengkapnya