Posisi Anak Digambarkan dalam Alquran, Jadi Penyejuk hingga Musuh

Allah SWT sudah menggambarkan dalam Alquran kalau anak bisa jadi empat hal bagi orangtuanya. Apa saja?

Mutia Nugraheni
| 18 Februari 2020 10:02

Dream - Anak merupakan titipan Allah SWT. Kelak di hari akhir, para orangtua akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat. Bukan hal mudah, karena saat anak hadir ke dunia, sebagai orangtua kita bukan hanya harus memenuhi kebutuhan materialnya.

Justru yang lebih penting adalah memenuhipendidikan mental dan spiritual. Nantinya, hal itu akan jadi 'modal' penting bagi anak ketika dewasa. Allah SWT sudah menggambarkan dalam Alquran kalau anak bisa jadi empat hal bagi orangtuanya. Apa saja?

Pertama, anak sebagai penenang hati, penyejuk jiwa, dan pemimpin orang-orang yang bertakwa. Dikutip dari NU.or.id, hal ini akan menjadi yang terbaik dan tertinggi dari seorang anak. Sebagaimana terungkap dalam doa Al-Qur’an berikut ini:

 Alfurqan

“ Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS al-Furqan: 74).

Para ulama tafsir menyebutkan, maksud qurrata a’yun dalam ayat di atas adalah anak-anak yang saleh, taat kepada Allah, berbakti kepada orang tua, bermanfaat bagi sesama.

Tak heran jika anak yang memiliki perangai ini menjadi pemimpin orang-orang yang bertakwa, menjadi kebanggaan dan pembela bagi para orangtua di dunia dan akhirat. Tipikal anak ini tidak lahir begitu saja. Dibutuhkan perjuangan keras dari orang tua untuk mengasuh, membina, dan mendidiknya.

 

Selanjutnya :

Anak Sebagai Perhiasan Dunia

Streaming Melihat Deretan Koleksi Busana Terakhir Barli Asmara

Jangan Lewatkan