Pesan Kak Seto untuk Orangtua yang Anaknya Tak Mau Sekolah

Bisa jadi anak sedang mengalami school phobia atau takut ke sekolah.

Cynthia Amanda Male
| 22 Maret 2018 10:04

Dream - Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak-anak. Aspek kenyaman, keamanan dan mampu mendukung pertumbuhan serta perkembangan anak secara kondusif, tentunya jadi syarat utama dari sebuah sekolah. Namun sayang kenyataannya tak selalu demikian.

Banyak kasus, anak-anak justru mendapat kekerasan di sekolah. Bukan merasa aman, anak malah justru takut ke sekolah. Hal ini jadi sorotan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi.

Ia memperingatkan para orang tua untuk tidak memaksa atau memarahi anak jika ia tak mau sekolah. Bisa jadi anak sedang mengalami school phobia atau takut ke sekolah.

Harus dilihat dua sisi baik dari pengalaman anak dan kondisi sekolah. Hindari mengambil kesimpulan sendiri.

" Kalau anak nggak mau sekolah, jangan salahin anaknya, salahin sekolahnya. Pada dasarnya, anak itu suka belajar. Dari awal kan dia belajar jalan dan lain-lain," ungkap Seto Mulyadi saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu 20 Maret 2018.

Jangan lantas memarahi saat anak tak mau sekolah. Justru orangtua harus lebih aktif mencari tahu penyebabnya. Bisa berkonsultasi dengan pihak sekolah atau mendengar pendapat anak secara lebih terbuka.

" Anak TK di Semarang bunuh diri, karena dipaksa ibunya sekolah. Padahal tidak disadari, anaknya di-bully oleh teman-temannya. Seperti diledek dan dilecehkan," kata Kak Seto.

Menurutnya ketika anak tidak mau sekolah, bukan berarti ia tak mau mencari ilmu. Kondisi tersebut tak bisa dipaksakan dan harus segara dicaria akar permasalahan serta solusinya.

" Jadi, jangan ada pemaksaan sekolah. Karena anak hanya tidak mau sekolah, bukan tidak mau belajar. Sumber belajarnya yang ingin dihindari. Dan itu nggak bisa dipaksa," ujar Kak Seto.

 

Topik Terkait :

Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia

Jangan Lewatkan