Pesan Alquran Agar Anak Selalu Doakan Orangtua

Biasakan anak untuk berdoa bersama dan mendoakan orang lain.

Mutia Nugraheni
| 7 Januari 2019 08:09

Dream - Orangtua memiliki tanggung jawabnya sendiri untuk mendidik dan mengasuh anak-anaknya. Bukan hanya itu, demi mendapat keberkahan untuk anak-anaknya lantunan doa terus dipanjatkan dan memohon kepada Allah SWT.

Begitu juga doa anak-anak untuk orangtuanya. Doa dari mereka akan jadi amal bagi orangtua dan penyelamat di akhirat. Seperti dikutip dari Islami.co, Allah SWT berfirman dalam surat al-Ahqaf ayat 15:

 Al Ahqaf

Artinya: “ Kami telah memerintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada orang tuanya. Ibunya telah mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah juga, mengandung dan menyapihnya sampai selama tiga puluh bulan. Sehingga apabila ia telah dewasa dan mencapai empat puluh tahun maka berdo’alah “ ya Allah, tunjukilah aku (berikan aku ilham) untuk mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku mengerjakan amal salih yang Engkau ridhai, dan berilah kebaikan kepadaku dan kepada anak cucuku, sesungguhnya aku bertaubat kepadamu dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.

Doa tersebut termaktub dalam Alquran sebanyak dua kali. Salah satu lainnya disebutkan dalam surat al-Naml ayat 19, do’a yang keluar dari lisan Nabi Sulaiman. Hal tersebut menunjukkan bahwa betapa pentingnya doa tersebut.

Ajak anak untuk mendoakan kakek nenek mereka. Ungkapkan padanya kalau doa-doa tersebut akan didengar Allah dan menjadi kebaikan bagi seluruh keluarga. Biasakan untuk berdoa bersama.

Hal ini akan sangat melekat di ingatan anak. Bagaimana orangtua mereka mendoakan kakek neneknya, saudara-saudaranya. Kelak, saat mereka dewasa ajaran ini insyaallah bakal diterapkannya.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

#PhoneChallenge - Fatin Shidqia Terakhir Kali Telepon..

Jangan Lewatkan