Pertanyaan yang Selalu Hantui Anak Saat Orangtuanya Bercerai

Kunci utama agar perceraian bisa diterima dan dicerna dengan baik oleh anak adalah dengan mengatakannya secara jujur

Mutia Nugraheni
| 15 Oktober 2020 10:02

Dream - Memutuskan untuk mengakhiri pernikahan dengan bercerai tentunya dilakukan dengan penuh pertimbangan. Salah satunya kondisi anak-anak, yang pastinya akan sangat berdampak pada kondisi psikologis mereka.

Orangtua yang bercerai tak boleh diam saja dan memiliki 'utang' untuk menjelaskan pada anak-anak soal keadaan. Kondisi takut, bingung, khawatir akan muncul. Anak juga memiliki banyak pertanyaan di kepalanya yang mungkin takut diungkapkan.

Ada baiknya pada anak yang sudah besar baik ayah maupun ibu memberi penjelasan. Ketahui hal apa saja yang sering ditanyakan anak ketika orangtuanya akan atau sudah bercerai.

Intip pula jawaban bijak agar buah hati paham dan dampak emosional akibat perceraian bisa dihindari. Psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi., menjelaskan bahwa anak perlu tahu dan dijelaskan apa itu perceraian.

“ Perlu dijelaskan, soalnya nanti anak bisa bingung, kok, tiba tiba mama papanya nggak bareng lagi. Akhirnya memengaruhi emosi dan perkembangan anak juga. Anak bisa berpikir bahwa dia yang menyebabkan mama papanya bertengkar. Dan akhirnya menyalahkan dirinya sendiri,” kata Ikhsan, dikutip dari KlikDokter.

 

Selanjutnya :

Sesuaikan Usia Anak

Protokol Kesehatan Ibu Hamil saat di Rumah Maupun di Rumah Sakit

Jangan Lewatkan