Pertanda Saat Si Balita Merasa Bahagia, Sudah Tahu?

Penting bagi ayah dan ibu untuk mengenalkan beragam emosi pada anak.

Mutia Nugraheni
| 13 Januari 2021 12:04

Dream - Anak di bawah usia lima tahun memang belum bisa bicara dengan lancar, apalagi mengungkapkan apa yang dirasakannya. Bukan berarti, anak tak mengalami perubahan emosi seperti juga orang dewasa.

Penting bagi ayah dan ibu untuk mengenalkan beragam emosi pada anak. Akan lebih mudah jika menggunakan gambar. Pada anak yang belum lancar bicara minta ia menunjukkan gambar perasaa yang sedang dirasakannya. Hal ini sangat penting untuk perkembangan emosinya.

Sebagai orangtua, tentunya kita ingin anak-anak kesayangan merasa bahagia. Terutama dalam kondisi sekarang di mana mereka tak bisa bebas bermain dan beraktivitas serta ke sekolah. Cara apapun kita lakukan agar anak tetap bahagia.

Bagaimana mengetahui kalau anak balita merasa bahagia? Ada beberapa hal yang mereka tunjukkan. Yuk Simak.

Memiliki kesempatan untuk mengungkapkan perasaan
Pengasuhan orang Belanda telah lama digunakan sebagai model untuk membesarkan anak-anak paling bahagia di dunia, dan satu rahasianya adalah bahwa orang tua di Belanda mengizinkan anak-anak, bahkan ketika masih balita, untuk mengekspresikan pendapat mereka dengan bebas.

Ini mengajari mereka tidak hanya bagaimana memberi nama dan mengidentifikasi emosi mereka dengan cara yang sehat, tetapi memberi mereka kesempatan untuk berlatih berbicara untuk diri mereka sendiri, bernegosiasi, dan memecahkan masalah, semuanya dari jaring pengaman yang dibangun di rumah.

Untuk membantu balita mempelajari cara menamai emosi mereka, disarankan untuk berlatih menebak bagaimana karakter dalam buku adalah perasaan, membuat boneka untuk berbagai emosi, dan memberi label emosi yang dirasakan sepanjang hari. Seperti, " saya merasa sedih ketika saya tidak bisa bermain di luar, " atau " saya merasa senang saat mendapatkan mainan favorit saya. Tidak ada kata terlalu dini untuk berhubungan dengan mengidentifikasi emosi.

 

Selanjutnya :

Ada orangtua yang membacakan cerita

Ibunda Amanda Manopo Dibawa Ambulan karena Covid-19

Jangan Lewatkan