Pertanda Buah Hati Alami Puber Lebih Awal

Orangtua harus lebih peka, penting untuk mengenali tanda-tandanya.

Mutia Nugraheni
| 15 Januari 2019 10:13

Dream - Masa puber biasanya terjadi saat anak berusia 10 hingga 11 tahun. Meski demikian, ada anak yang mengalaminya lebih awal yaitu ketika berusia 7 atau 8 tahun untuk anak perempuan dan 9 tahun untuk anak lelaki.

Jika puber terjadi di usia tersebut, maka anak boleh dibilang mengalami puber yang terlalu awal. Sederet perubahan pun, baik fisik dan psikologis, terjadi lebih cepat. Orangtua harus lebih peka, penting untuk mengenali tanda-tandanya.

Apa saja?

Pada anak perempuan, payudaranya mulai tumbuh di usia 7-8 tahun. Mungkin ia akan mengeluhkan rasa nyeri atau jadi lebih sensitif. Porsi makannya pun jadi lebih banyak dari sebelumnya, juga lebih sering. Tumbuh dan berkembang secara cepat membuat anak mudah lapar.

Mulai datang bulan atau berupa flek kecokelatan. Kadang disertai munculnya jerawat. Aroma tubuhnya pun jadi sangat berbau. Penting untuk mengajarkannya menjaga kesehatan pribadi dan merawat diri.

Puber lebih cepat pada anak lelaki ketika mereka berusia 9 tahun. Ditandai dengan membesarnya testikel dan organ intimnya. Muncul rambut-rambut di ketiak, wajah dan area intim.

Pada anak lelaki jangan kaget jika mereka makan dengan porsi yang sangat besar. Suaranya pun berubah jadi lebih berat. Begitu juga wajahnya ditumbuhi jerawat karena perubahan hormon. Penting untuk mengajarkan kesehatan kulit pada anak lelaki dan 'menyiapkan' mentalnya jika sewaktu-waktu terjadi mimpi basah.

Sumber: Verywell

Topik Terkait :

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan

Jangan Lewatkan