Permainan 'Challenge' di Media Sosial yang Membahayakan Anak

Sebagai orangtua, Anda harus waspada jika anak sering mengikuti permainan tantangan atau challenge di media sosial.

Mutia Nugraheni
| 5 April 2017 18:03

Dream - Keinginan untuk bisa diterima dalam sebuah kelompok, membuat anak-anak, terutama yang menjelang remaja bisa melakukan apa saja. Termasuk hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan dan nyawa mereka.

Kondisi tersebut dikenal dengan istilah peer pressure. Salah satu yang kini sedang jadi tren adalah melakukan tantangan atau challenge yang ramai di media sosial, baik YouTube, Facebook, Instagram maupun Twitter.

Sebelumnya mungkin Anda sudah mendengar skip challenge, yaitu tantangan berupa menekan dada anak hingga sulit bernapas dan kehilangan kesadaran. Ada challenge lain juga harus diwaspadai.

Sebagai orangtua, Anda harus waspada jika anak sering mengikuti permainan tantangan atau challenge di media sosial. Terutama jika mengikuti tantangan-tantangan berikut.

1. Eraser challenge
Tantangan yang membuat anak-anak menggunakan penghapus di kulitnya. Sebelumnya mereka menulis sesuatu di kulit, lalu menghapus dengan cara menggosokkan hapusan terus menerus hingga tulisan tersebut hilang. Bahkan sampai kulit mengelupas, hingga berdarah.

2. Banana and sprite challenge
Tantangan ini mengharuskan anak makan dua buah pisang lalu langsung minum satu liter minuman bersoda terus menerus tanpa muntah. Jika muntah berarti mereka gagal. Bayangkan jika berhasil, mereka langsung menenggak minuman soda satu liter yang bisa membahayakan pencernaannya.

3. Salt and ice challenge
Bentuknya mirip dengan eraser challenge. Garam ditaruh di permukaan kulit, biasanya di tangan, kemudian dengan menggunakan es digosokkan hingga es mencair. Hal ini bisa memicu luka hingga berbekas dan ras perih luar biasa.

 

 

 

 

 

Topik Terkait :

Momen Shafira Fitri Baraja Juara DIW 2022 Jalani Umroh

Jangan Lewatkan