Perlindungan Privasi Anak di Internet yang Tak Boleh Diabaikan

Data anak bisa jadi bocor dan dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Mutia Nugraheni
| 7 Juni 2021 16:00

Dream - Teknologi digital mempermudah segalanya. Kita bisa memesan apapun hanya lewat gadget, anak juga bisa sekolah secara online, tapi ada satu yang kerap diabaikan, yaitu keamanan privasi.

Privasi anak di internet kini semakin terancam. Akrab dengan penggunaan internet sejak dini membuat banyak anak kehilangan privasinya. Berbagai aplikasi digunakan untuk sekolah, belum lagi tugas online dan game.

Data anak bisa jadi bocor dan dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Untuk itu penting melakukan hal-hal berikut pada buah hati agar mereka terbiasa melindungi privasinya di internet.

1. Mengajarkan tentang privasi
Sebagai orangtua, kita tidak bisa terus menjaga anak selama 24 jam, mengawasi setiap situs yang dibuka atau apapun yang ia akses di internet. Apalagi dengan kecakapan berinternet anak-anak masa kini, tentu yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi pemahaman tentang privasi dan keamanan berinternet, bermain media sosial, dan lain sebagainya.

Berikan penjelasan kepada anak efeknya jika kita tidak melindungi privasi, dan apa yang harus dilakukan jika ada orang asing yang tiba-tiba mengenali dan menculiknya. Dengan cara ini, maka si kecil paham akan alasan mengapa ia harus melindungi privasi dirinya.

 

Selanjutnya :

Lakukan Juga Hal Ini

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan