Perjuangan Ibu Tunggal Bisa Lulus Sekolah Hukum Harvard

Ia menahan rasa sakit persalinan dan meminta suntikan agar bisa menyelesaikan ujiannya.

Mutia Nugraheni
| 4 Juni 2018 18:02

Dream - Berkuliah di salah satu sekolah hukum bergengsi di dunia, Harvard Law School, merupakan impian Briana. Ia begitu bahagia saat tahu dirinya diterima di kampus tersebut. Briana merupakan satu-satunya orang di keluarganya yang bisa berkuliah.

Saat baru masuk perkuliahan, Briana sempat merasa rendah diri. Latar belakang keluarganya yang tak berada, belum lagi isu rasial, karena dirinya berkulit hitam. Namun sang ayah terus menyemangatinya. Ia pun begitu gigih dalam menyelesaikan studinya.

Statusnya sebagai seorang ibu tunggal pun tak bisa menghambatnya. Briana mengungkap kalau ia baru saja melahirkan anaknya April 2018 lalu. Saat kontraksi datang, ia meminta suntikan epidural pada dokter agar bisa menyelesaikan ujiannya.

Suntikan tersebut bisa mengurangi rasa sakit sementara Briana menyelesaikan ujian akhirnya. Setelah itu ia baru ke rumah sakit untuk menjalani proses persalinan.

"Tahun-tahun terakhir kuliah hukumku, dengan bayi yang baru lahir dan status ibu tunggal, seringkali berhadapan dengan pernyataan meremehkan. Ada masa di mana aku merasa sangat lelah secara mental dan emosi. Aku tidak berpikir bahwa pada usia 24 tahun, sebagai ibu tunggal, akan mampu melewati salah satu posisi yang paling menantang dalam hidup saya. Sangat sulit," tulis Briana di akun Instagramnya.

Ia tak memungkiri kalau pernah menghadapi satu titik di mana sangat ingin menyerah. Namun sang putri, Evelyn, jadi penyemangatnya. Briana ingin menjadi contoh ibu yang penuh semangat untuk Evelyn.

"Evelyn, banyak yang mengatakan kalau kehadiranmu akan membuat aku tak bisa melakukannya. Penting untuk kamu tahu, ibu melakukan ini KARENA KAMU. Terima kasih sudah memberiku kekuatan dan keberanian," tulis Briana.

Saat hari kelulusannya mendapat Juris Doctor dari Harvard Law School, Briana tak datang sendiri. Ia turut serta mengajak Evelyn saat upacara wisuda. Bahkan sang putri juga mengenakan baju toga, sama seperti dirinya.

Cerita Briana ini kemudian viral dan jadi penyemangat bagi para ibu-ibu tunggal. Selamat Briana dan Evelyn!

Topik Terkait :

The Next Presenter Liputan 6 | Diary Episode 1

Jangan Lewatkan