Perilaku Buruk Anak yang Haram Dibiarkan

Orangtua harus selalu mengingatkan jika anak melakukan hal-hal buruk berikut.

Mutia Nugraheni
| 29 April 2017 12:25

Dream - Menjadi orangtua bisa dibilang merupakan pengalaman menakjubkan. Ada kalanya senang, bahagia, bangga, sedih, khawatir, kecewa, semuanya dirasakan karena cinta yang begitu besar pada buah hati.

Kesalahan tentunya juga dilakukan si kecil, sebagai orangtua kita sering menanggapinya dengan emosi dan kemarahan. Hal ini merupakan respons yang normal. Tapi sebaiknya, jika anak bersikap buruk, harus ada konsekuensi dan 'pelajaran' yang harus didapatkannya.

Ada beberapa sikap buruk anak yang tak boleh dibiarkan. Orangtua harus selalu mengingatkan jika anak melakukan hal-hal buruk berikut.

Iri pada saudara
Ini yang biasanya terjadi pada keluarga yang memiliki anak lebih dari satu. Cari tahu akar permasalahannya dan jangan biarkan anak untuk melukai satu sama lain. Bantu anak untuk merasa bahwa mereka sebuah tim dan ajarkan untuk menyelesaikan masalah secara adil. Jelaskan pula pentingnya menghargai perasaan satu sama lain.

Mencuri
Jika anak Anda mencuri sesuatu untuk pertama kalinya, cari tahu alasannya dan jelaskan bahwa hal itu buruk untuk dilakukan. Kemudian beritahu untuk mengembalikan barangn dan
meminta maaf pada sang pemilik barang tersebut.

Tidak menghargai orang lain
Cari tahu apa yang menyebabkan perilaku buruknya ini karena bisa saja ia menirunya dari orang lain. Ajarkan anak cara yang benar untuk meminta bantuan, mengungkapkan keinginan dan perasaannya. Mereka harus belajar untuk tetap tenang dan menyimak dengan baik. Jika anak terus bersikap tidak sopan, ia tidak diizinkan melakukan hal yang disukainya.

Tidak jujur
Jelaskan pada anak bahwa kejujuran dan kepercayaan adalah hal yang penting untuk bisa punya teman. Memang membutuhkan waktu untuk memikirkan hukuman yang sesuai. Tapi yang pasti selalu ajarkan pada anak Anda kalau berbohong itu tidak bisa diterima.


Laporan Gemma Fitri Purbaya


Sumber: Brightside

 

Topik Terkait :

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan