Periksa Jadwal Les Si Kecil, Jangan Sampai Terlalu Padat

"Anak membutuhkan waktu untuk duduk, berpikir dan menjadi dirinya sendiri".

Mutia Nugraheni
| 17 Mei 2018 16:03

Dream – Kesibukan anak-anak saat ini boleh dibilang sama dengan orang dewasa. Bukan hanya harus menjalani aktivitas di sekolah, kegiatan di luar sekolah pun sangat padat.

Mulai dari les pelajaran, klub olahraga, klub tari dan aktivitas lain untuk menunjang kemampuannya. Bagi para orangtua, segudang kegiatan diberikan pada anak tentunya dengan niat positif.

Agar anak-anak bisa menyalurkan bakat dan memiliki aktivitas sehingga terhindar dari pengaruh negatif. Namun penting untuk mempertimbangkan waktu istirahat anak-anak. Jangan sampai aktivitasnya yang terlalu pada membuartnya jadi stres dan tertekan.

" Anak membutuhkan waktu untuk duduk, berpikir dan menjadi dirinya sendiri. Melalui bermain dan interaksi, mereka akan tumbuh dengan baik. Jangan berikan terlalu banyak aktivitas sebelum mereka siap,” ujar Kim John Payne, penulis buku Simplicity Parenting.

Setelah sibuk dengan rutinitas, ajaklah anak untuk beristirahat sejenak. Seorang anak yang tidak memiliki waktu istirahat atau bermain, kemampuan eksplorasi dan kreativitasnya kurang.

Lihat kembali jadwal sekolah dan agenda aktivitasnya dalam sehari. Jika dirasa terlalu padat dan hanya ada sedikit waktu beristirahat, lakukan penyesuaian. Harus ada kegiatan yang dikurangi agar anak bisa beristirahat optimal.

" Istirahat dapat memelihara kreativitas seseorang. Dengan istirahat, dapat mengisi ulang tenaga agar semangat kembali dalam beraktivitas," ungkap Payne.

Dengan cara ini Anda akan menyeimbangkan hidup mereka dari kesibukan. Mereka akan belajar mengetahui apa saja yang disukai dan diinginkan.

Sumber: Green Child Magazine

Laporan Dina Nazhifah

Topik Terkait :

Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi

Jangan Lewatkan