Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Waspada Ayah Bunda, Ada Challenge di TikTok dengan Konten Pedofilia

Waspada Ayah Bunda, Ada Challenge di TikTok dengan Konten Pedofilia Aplikasi TikTok (Foto: Shutterstock)

Dream - Aplikasi TikTok sangat disukai anak-anak karena musiknya yang ceria dan tarian yang seru. Gerakan tarian yang enerjik dan tantangan juga membuat anak jadi sangat gandrung dengan aplikasi ini.

Banyak orangtua yang menganggap kalau TikTok hanya berisi hiburan saja dan tak berbahaya bagi anak-anak. Faktanya tak demikian. Anak justru sangat berisiko menjadi incara para pedofilian tanpa mereka sadari.

Polisi Di Raja Malaysia (PDRM/ Kepolisian Malaysia) memperingatkan para orangtua untuk mengawasi konten Tiktok dan pesan yang masuk ke dalam aplikasi tersebut di akun anak-anak. Pasalnya muncul banyak sekali konten 'challenge' yang sangat tak senonoh.

Seperti salah satu video yang berisi anak perempuan dan lelaki dewasa yang saling menyentuh bagian tubuh. PDRM menyebutkan bahwa video dapat disimpan oleh pedofil ke dalam koleksi pribadi mereka atau mungkin dibagikan kepada pedofil lain.

“Semua orang senang menggunakan aplikasi TikTok tetapi harap waspadai orang-orang tertentu yang akan mencoba memanfaatkan anak-anak di aplikasi. Mereka akan mencoba memanipulasi kegembiraan anak-anak untuk melakukan tantangan TikTok tertentu yang tidak pantas dan akan meminta mereka menyentuh bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka," tulis peringatan PDRM.

 

Setting Akun Privat

Penting diketahui kalau TikTok merupakan aplikasi yang hanya diperbolehkan untuk anak 13 tahun ke atas. Jika memang buah hati sudah menggunakan TikTok, pastikan akunnya terproteksi atau di-setting privat.

Setting privasi TikTok

Cek secara rutin akun media sosial anak. Pasalnya, banyak sekali kejahatan siber atau pedofilia yang menggunakan berbagai cara untuk menjerat anak-anak di media sosial.

Video Duet TikTok Gemas Bill Gates dan Putrinya di Hari Ayah

Dream - Sosok Bill Gates, pendiri Microsoft, dikenal sebagai seorang ahli teknologi, pebisnis andal, dan filantropis. Lalu bagaimana saat Bill menghadapi anak-anaknya? Jennifer K. Gates, putri tertua Bill yang seorang dokter memberikan bocoran.

Sebagai seorang ayah, Bill ternyata sosok yang mendukung penuh keinginan putra-putrinya. Banyak anak yang seiring bertambahnya umur makin menjauh dengan orangtuanya. Jennifer dan Bill justru sebaliknya.

Jennifer Gates

(Foto: Instagram Jennifer Gates)

Mereka makin dekat seiring berjalannya waktu, saat keduanya bertambah umur, dan Jennifer mulai memutuskan jalan hidupnya sendiri. Hal ini digambarkan Jennifer di akun TikToknya @jennifergates53.

 

Duet TikTok Bill dan Jennifer

Sebuah video joget TikTok diunggah Jennifer di akun Instagramnya. Ia juga mengajak Bill dan banyak orang yang kaget kalau bos Microsoft itu juga bisa berjoget meskipun tampak kaku.

Dalam narasi video tersebut, Jennifer menggambarkan kepribadian sang ayah di Hari Ayah. Keduanya terlihat sangat asyik dan menggemaskan.

      View this post on Instagram

Happy Father's Day, @thisisbillgates! Your dedication to making the world a better place and passion for learning have been an inspiration to me my whole life, and even more so since I have started medical school. Thank you for your constant support, encouragement, and for being enthusiastic about making TikTok videos with me! ????????

A post shared by Jennifer Gates (@jenniferkgates) on 

"Selamat Hari Ayah @thisisbillgates! Dedikasimu untuk membuat dunia ini tempat yang lebih baik, semangatmu untuk terus belajar, selalu jadi inspirasi sepanjang hidupku. Semakin bertambah sejak aku masuk sekolah kedokteran. Terima kasih untuk dukungan yang tanpa henti, keberanian, dan kesenangannya membuat video TikTok bersamaku!," tulis Jennifer.

Aduh, manisnya hubungan ayah dan putri ini.

Kreatif, Remaja 16 Tahun Bikin TikTok untuk Ajarkan Matematika

Dream - Banyak orangtua memandang TikTok sebelah mata dan kurang mendidik. Siapa sangka kalau digunakan dengan positif, media sosial yang berisi video lucu ini jadi sumber ilmu.

Seperti yang dilakukan Alexis Loveraz, seorang remaja berusia 16 tahun dari Bronx, New York, Amerika Serikat. Ia menggunakan akun TikTok miliknya untuk membuat video tutorial belajar Matematika untuk remaja seumurnya dan adik-adik kelasnya.

Alexis

Loveraz, dengan gaya khas remaja dan sederhana menjelaskan soal Matematika yang kompleks dengan cara sederhana dan mudah dimengerti anak seusianya. Kondisi pandemi membuatnya juga harus belajar di rumah. Membuat video tersebut membuatnya kembali mengingat pelajaran Matematika yang didapatnya di sekolah.

 

Jenius Matematika di Sekolah

Teman-temannya juga terbantu dengan penjelasan sederhana Loveraz di TikTok. Remaja ini memang termasuk jenius Matematika di sekolahnya karena IPK-nya selalu 4.0.

Bukan hanya pelajaran Matematika, Loveraz juga membuat TikTok yang berisi penjelasan rumus Kimia dan Fisika. Followernya di TikTok kini mencapai 664.000 orang dan berasal dari berbagai negara seperti Kanada, Australia, dan bahkan Filipina.

Tak hanya di TikTok, Loveraz juga membuat kelas di YouTube, Discord, dan Google Classrooms untuk menjadikan pelajarannya lebih mudah diakses. Selain itu, ia juga mulai mengadakan sesi langsung selama 3 jam setiap akhir pekan yang berfungsi sebagai kelompok belajar interaktif.

Keren!

Sumber: BoredPanda

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anak Perempuan yang Digendong Ibunya Ini Sekarang Jadi Selebgram Terkenal dan Baru Putus

Anak Perempuan yang Digendong Ibunya Ini Sekarang Jadi Selebgram Terkenal dan Baru Putus

Anak perempuan yang dipangku Ibunya jadi selebgram terkenal.

Baca Selengkapnya
Ramai Dibahas di Debat Capres, Ayah Bunda Wajib Tahu Beda Stunting dan Gizi Buruk

Ramai Dibahas di Debat Capres, Ayah Bunda Wajib Tahu Beda Stunting dan Gizi Buruk

Biar tak salah, cari tahu perbedaan keduanya yuk ayah Ayah Bunda.

Baca Selengkapnya
Bocah TK Ini Adik YouTuber Terkenal dan Sering Tampil Nyentrik, Coba Tebak?

Bocah TK Ini Adik YouTuber Terkenal dan Sering Tampil Nyentrik, Coba Tebak?

Coba tebak siapa anak TK yang ada di foto ini? dia adik YouTuber terkenal

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Ayah Bunda, Kenali 5 Tanda Anak Butuh Segera ke Dokter Mata

Ayah Bunda, Kenali 5 Tanda Anak Butuh Segera ke Dokter Mata

Banyak faktor yang bisa memicu gangguan penglihatan pada anak.

Baca Selengkapnya