Perbedaan Gaya Bicara Ibu Pada Anak Perempuan dan Laki-laki

Ada kecenderungan stereotip gender.

Mutia Nugraheni
| 15 Januari 2021 10:02

Dream - Pendekatan orangtua pada tiap anak tentunya berbeda. Hal ini karena kepribadian dan sifat anak tak ada yang sama. Orangtua pun harus pintar-pintar mencari cara agar komunikasi dengan tiap anaknya berjalan baik.

Satu hal yang juga terbukti dari penelitian adalah, gaya bicara ibu pada anak laki-laki dan perempuan sangat berbeda. Dikutip dari TIME, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Developmental Psychology menemukan bahwa ibu lebih sering menggunakan kata-kata emosional dan topik pembahasan yang melibatkan perasaan saat berbicara dengan anak perempuan dibandingkan anak laki-laki.

Peneliti Ana Aznar dan Harriet Tenenbaum menemukan bahwa ibu cenderung menggunakan lebih banyak bahasa yang sarat perasaan kepada anak perempuan dibandingkan anak laki-lakinya, dan tanpa sadar telah sering menunjukkan stereotip gender pada anak-anak mereka.

Peneliti menguji pemahaman emosional antara anak-anak perempuan dan laki-laki yang berusia 4 tahun dari Spanyol dan menemukan bahwa anak-anak perempuan lebih paham konteks emosional dibandingkan anak laki-laki. Ternyata hal ini tidak lepas dari kebiasaan orangtua mereka yang memberikan perbedaan cara bicara pada anak perempuan dan laki-laki.

" Kebanyakan orang tua mengatakan mereka ingin anak laki-laki mereka menjadi lebih ekspresif, tetapi tidak tahu bahwa mereka sendiri yang sebenarnya membentuk anak laki-laki jadi kurang ekspresif terhadap perasaannya," kata Harriet.

Padahal membicarakan perasaan kepada anak laki-laki, seperti layaknya pada anak perempuan, tidak akan membuat anak laki-laki kehilangan sisi maskulinnya. Justru ketika ibu secara merata mengajarkan sisi emosional pada anak perempuan maupun laki-laki, mereka akan tumbuh menjadi sosok yang seimbang secara logika dan perasaan.

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela

Selanjutnya :

Ibu Tak Langsung Jatuh Cinta Pada Bayi Baru Lahir, Mengapa?

Vaksin Covid-19 Jawaban Nabila Atmaja di Tengah Pandemi

Jangan Lewatkan