Penyebab Masalah Perilaku Anak yang Sering Tak Disadari Orangtua

Penelitian ini mengamati 10.000 anak dan sikap orangtua.

Mutia Nugraheni
| 9 November 2020 12:04

Dream - Anak-anak yang kerap tantrum, sulit tidur, selalu berpandangan negatif, sangat pemilih dalam hal makanan, pastinya butuh kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Orangtua mungkin kerap dibuat kewalahan saat menghadapi sikap anak.

Rupanya hal ini juga terkait dengan pandangan orangtua tentang kehidupan. Ini adalah teori yang mendasari sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal Frontiers in Psychology.

Penelitian ini mengamati 10.000 anak dan sikap orangtua. Kecenderungan orangtua dianalisis mulai dari kehamilan hingga saat anak-anak berusia 57 bulan (hampir 5 tahun).

Menariknya, para peneliti menemukan bahwa ketika orangtua percaya apa yang terjadi pada mereka di luar kendali mereka, anak-anaknya cenderung menderita masalah perilaku. Sementara, saat ayah dan ibu percaya bahwa mereka memiliki kendali atas hidup mereka, anak-anak mengalami lebih sedikit masalah dengan makan, tidur, dan perilaku.

" Kami menemukan bahwa semakin besar derajat eksternalitas (keyakinan bahwa ada sedikit atau tidak ada hubungan antara apa yang kita lakukan dan apa yang terjadi pada kita) daripada internalitas (keyakinan bahwa apa yang terjadi pada kita terkait dengan apa yang kita lakukan) dari orangtua sebelum anak-anak lahir, semakin besar kemungkinan anak-anak akan mengalami kesulitan yang lebih besar dalam berperilaku, tidur, dan makan selama lima tahun pertama kehidupan mereka," ujar Stephen Nowicki, profesor psikologi di Emory University di Atlanta, dikutip dari Parents.

 

Selanjutnya :

Seimbang

BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati

Jangan Lewatkan