Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pengasuhan Selama Pandemi, Ibu Kerap Dihantui Rasa Bersalah

Pengasuhan Selama Pandemi, Ibu Kerap Dihantui Rasa Bersalah Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Pandemi membuat ibu selama di rumah kerap dihantui rasa bersalah. Kondisi memaksa ibu untuk menjadi 'penjaga'. Seperti mengingatkan seluruh keluarga untuk menjaga kesehatan, menyediakan kebutuhan selama pandemi, menjadi 'guru', memutar otak mengurus keuangan karena pemasukan menurun drastis dan masih banyak lagi.

Saat ada yang sakit, sekolah online yang tak lancar atau hal yang tak sesuai dengan rencana, ibu pun dihantui rasa bersalah. Terutama pada ibu bekerja yang juga ingin berkontribusi pada sumber keuangan keluarga.

Sebuah studi pada 255 orangtua di 2016 mengungkap kalau para ibu memiliki tingkat rasa bersalah dalam membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ayah. Lalu, mengapa ibu begitu diganggu oleh "rasa bersalah", dan ayah tampaknya tidak terlalu terpengaruh?

"Perempuan merasa lebih bersalah dan khususnya para ibu, daripada pria karena mereka selalu khawatir tentang bagaimana pilihan mereka memengaruhi hubungan sosial. Mereka tahu bahwa mereka perlu bekerja dan mempraktikkan perawatan diri, tetapi mereka khawatir tentang konsekuensi pada anak," ujar Lea Lis, seorang psikiater, dikutip dari Psychology Today.

 

Mencari Efek Negatif yang Paling Kecil

Perempuan cenderung selalu mencari cara untuk membuat keputusan dengan konsekuensi negatif paling kecil. Sementara pria tahu kalau tugasnya adalah bekerja. Seperti 'saya dapat memenuhi kebutuhan anak saya dan memberi mereka kehidupan yang lebih baik, anak-anak bersama ibunya'. Jadi bagi banyak pria, tidak perlu merasa bersalah, karena mereka tahu sudah bekerja dan memenuhi kebutuhan materi keluarganya.

Menurut Lis, individualitas dan kekuatan pada laki-laki seringkali dihargai, sedangkan keterampilan sosial perempuan cenderung lebih dianggap. Ini karena perempuan harus menghabiskan hampir satu tahun hidup mereka untuk hamil dan satu tahun lagi untuk menyusui anak. Ini menempatkan perempuan pada posisi yang sangat rentan terkait keutuhan keluarga.

 

Atasi Rasa Bersalah

"Namun, ada tujuan dari rasa bersalah yang dialami ibu. Rasa bersalah merupakan kekuatan utama untuk membuat orang memperhatikan orang lain. Jadi, Ibu mungkin merasa bersalah tetapi juga memberikannya kepada orang lain. Rasa bersalah mungkin membuat Ayah membersihkan rumah, menyuruh anak-anak mengerjakan tugas-tugas rumah. Semua itu demi kebaikan yang lebih besar untuk menjaga kebersamaan keluarga," kata Lis.

Sedangkan untuk rasa bersalah ibu, semua ibu harus berhenti mengeluarkan penyataan "seharusnya" pada diri sendiri. Seperti 'seharusnya saya berbuat lebih banyak untuk anak-anak saya' atau 'saya harusnya tak boleh marah, harusnya lebih sabar'.

"Ini adalah serangan pada diri sendiri yang tidak pernah berakhir, dan kita tidak akan pernah bisa menang. Pada akhirnya, pastikan saja waktu yang ibu habiskan bersama anak-anak terasa berarti, dan lupakan semua yang menggangu," pesan Lis.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Serangan Alergi Ternyata Bikin Tubuh Jadi Mudah Lelah

Serangan Alergi Ternyata Bikin Tubuh Jadi Mudah Lelah

Saat alergi datang, ada yang merasa gatal, bersin, sesak napas, bahkan hingga kehilangan kesadaran.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya