Pengalaman Dokter Tangani Bocah yang Telan Cairan Pembersih

Pastikan menaruh cairan berbahaya di tempat yang sulit dijangkau anak.

Mutia Nugraheni
| 24 November 2021 10:05

Dream - Bagi Sahabat Dream yang masih memiliki anak usia di bawah lima tahun dan penuh rasa penasaran, pastikan menaruh cairan pembersih di tempat yang sulit dijangkau anak. Bisa ditaruh di rak tinggi atau lemari yang selalu terkunci rapat.

Jangan sampai mengalami kasus yang pernah ditangani dr. Ariani Dewi Widodo spesialis anak yang praktik di RSAB Harapan Kita. Lewat akun Instagramnya @dr.ariani, ia menceritakan pengalamannya saat menangani pasien anak yang menelan cairan pembersih.

" Betapa kalutnya orangtua saat si kecil tiba-tiba menjerit2 kesakitan karena menelan cairan pembersih lantai P*RSTEX. Ia segera dilarikan ke IGD dan dirawat di ICU dalam keadaan kritis, dan harus puasa selama berminggu-minggu karena saluran cernanya rusak parah. (Lebih gawatnya lagi ia harus dirawat di ICU ruang isolasi karena PCR covid-19 positif)," tulis dr. Ariani.

Dari hasil rontgen, cairan yang masuk ke lambung tidak mengalir ke usus 12 jari seperti seharusnya. Jaringan rusak hingga jalur keluar lambung tertutup.

 Rontgen

" Endoskopi dilakukan untuk melihat apakah masih ada sedikit sisa lubang yang bisa dilebarkan dengan balon. Ternyata benar2 buntu! Dr @kozzy.ba melakukan operasi untuk membuatkan saluran keluar baru dari lambung ke usus halus. Syukurlah semua berjalan lancar, and here we are, berjumpa kembali dalam keadaan sehat!," ungkap dr. Ariani.

Ia pun mengingatkan para orangtua untuk menaruh berbagai cairan berbahaya jauh dari jangkauan anak-anak. Hindari juga memindahkannya ke wadah lain yang mirip botol minum. Bila terminum akan sangat fatal akibatnya bagi kondisi organ dalam.

 

Selanjutnya :

Dokter Ingatkan Tanda Disleksia Anak, Penting Diwaspadai Saat SFH

Topik Terkait :

10 Artis dengan Umur Pernikahan Tersingkat

Jangan Lewatkan