Pencipta Iphone Ini Miris dengan Kecanduan Anak Pada Gadget

Produk iPhone dan iPad jadi salah satu pencetus berkembangnya teknologi tablet.

Mutia
| 11 Juli 2017 08:11

Dream - Tak dipungkiri kini anak-anak sangat akrab dengan teknologi tablet. Kecanggihan layar sentuh membuat anak-anak dengan mudah melihat video, bermain dan menikmati apapun yang mereka inginkan untuk mendapat kesenangan.

Produk iPhone dan iPad jadi salah satu pencetus berkembangnya teknologi tablet. Dulu, harganya sangat mahal. Kini banyak produsen mengimitasi dan menjualnya dengan harga yang terjangkau.

Tony Fadell, yang pernah menjadi Presiden Apple inc serta salah satu orang yang ikut terlibat aktif dalam mengembangkan iPhone justru khawatir dengan kondisi tersebut.

Menurutnya kini anak-anak jadi semakin lama menghabiskan waktu mereka dengan menatap layar. Ia mengungkap kalau tablet, ponsel pintar serta gadget diciptakan memang bukan untuk
digunakan secara kolektif, tapi individual.

" Kondisi ini membuat anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya sendiri, aktivitas mereka di layar tak perlu melibatkan orangtua atau teman-temannya, mereka asyik sendiri. Ini aku alami dan khawatirkan sejak menjadi ayah. Saat 'menarik' tablet dan gadget dari anak-anak, mereka jadi emosional dan marah," ungkap Fadell, beberapa waktu lalu salam sebuah acara bincang-bincang di London Design Museum, seperti dikutip dari Fatherly.

Fadel menjelaskan, ketika para arsitek teknologi mengembangkan teknologi tablet, tak pernah terpikirkan efeknya pada keluarga. Ia juga merasakan langsung efek negatif ketika mengontrol
anak-anaknya saat menggunakan gadget.

" Kondisi juga akhirnya memicu kami para arsitek teknologi untuk mengembangkan program khusus anak-anak yang bisa mereka nikmati dengan aman, seperti YouTube Kids. Ini jadi semacam konsekuensi bagi kami. Tapi memang orangtua berperan besar dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak-anak," ujar Fadell.

 

Topik Terkait :

#SusahnyaJadiArtis - Danang & Nilam Bahas Soal Haters

Jangan Lewatkan