Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pelajaran Penting yang Didapat Anak Lelaki dari Ibunya

Pelajaran Penting yang Didapat Anak Lelaki dari Ibunya Ibu Dan Anak Lelaki/ Foto: Shutterstock

Dream - Ikatan antara ibu dan anak lelakinya begitu unik. Anak lelaki memandang ibu mereka sebagai sumber kekuatan emosi dan intelektual mereka. Ibu selalu ada untuk diajak berbicara, memberi mereka pelukan dan ciuman tanpa batas.

Termasuk ketika anak hanya diam tapi ibu memiliki kepekaan dengan yang dialami anak. Saat anak membutuhkan dorongan, dukungan dan bimbangan. Anak lelaki yang memiliki hubungan sehat dengan ibunya akan belajar banyak hal soal emosi

Anak laki-laki cenderung sangat terhubung secara emosional dengan ibu mereka, dan pengaruh ibu sangat kuat dan bertahan lama. Faktanya, para ahli menyatakan bahwa ibu memiliki dampak yang signifikan pada perilaku putra mereka di masa depan.

"Cinta seorang ibu sebenarnya dapat membuat anak laki-laki lebih kuat, secara emosional dan psikologis. Dasar rasa aman yang dapat diciptakan oleh seorang ibu adalah penuh kasih, hubungan yang dapat diandalkan oleh putranya sepanjang hidup dan memberi anak laki-laki keberanian untuk menjelajahi dunia luar," ujar William Pollack, Ph.D, psikolog yang juga penulis buku The Everything Parent's Guide to Raising Boys.

 

Kasih Sayang

Lalu apa saja pelajaran penting yang didapatkan anak lelaki dari ibunya?

Pentingnya kasih sayang
Salah satu hal terpenting yang diajarkan seorang ibu kepada putranya adalah pentingnya kasih sayang. Para ibu dikenal kerap bertumpu pada cinta dan menjadi orang yang mencium semua orang dan menawarkan pelukan tanpa batas saat mereka dibutuhkan.

"Para ibu akan meluangkan waktu untuk menenangkan rasa takut dan dengan senang hati memegang tangan putranya saat ia tampak gelisah dalam situasi sosial. Perhatian dan kasih sayang positif dari ibu tak ternilai harganya," ungkap Pollack

 

Komunikasi dan Emosi

Pelajaran komunikasi
Para ibu mengajari putra mereka pentingnya komunikasi setiap hari. Para ibu selalu ada untuk membantu anak lelakinya mengungkapkan perasaan dengan kata-kata saat kecil. Termasuk mendorong remaja laki-laki untuk berani berpendapat.

"Bahkan saat seorang anak lelaki memendam perasaannya dan mulai menutup diri, ibu selalu berusaha mengajak bicara dan menjelajahi pikirannya, dan mendorong sang anak untuk membicarakan apa pun yang ada di pikirannya," ungkap Pollack.

Mengekspresikan Emosi
Anak laki-laki sering kali membutuhkan sedikit dorongan tambahan untuk terbuka dalam hal ekspresi emosi. Ibu adalah sumber penghiburan dan pengetahuan soal emosi. Para ibu cenderung mengekspresikan kelembutan pada tingkat tertentu ketika membicarakan perasaan dan emosi, dan mereka mendorong anak laki-laki mereka untuk terbuka dan membicarakan emosi mereka.

Anak laki-laki yang memiliki hubungan yang sehat dengan ibu mereka sejak dini secara emosional kuat dan diyakini memiliki lebih sedikit masalah perilaku dalam hidupnya.

Strategi Mengasuh Anak Lelaki, Asah Kemampuan Intelektual dan Emosional

Dream - Tiap anak memiliki kepribadian yang berbeda. Begitu juga anak lelaki dan anak perempuan. Gaya mengasuh orangtua bisa sangat berbeda saat menghadapi anak lelaki.

Pada anak lelaki menurut, Teachstarter.com, area otak yang dikhususkan untuk spasial memiliki fungsi mekanis lebih besar. Sementara area yang dikhususkan untuk fungsi verbal dan emosional lebih kecil.

Dampaknya adalah anak laki-laki umumnya mengembangkan memori spasial lebih awal daripada anak perempuan. Memori spasial merupakan tipe memori yang membantu kita menghubungkan lokasi objek dengan objek referensi lain secara spesifik. Sebagai contoh: driver ojol yang hafal rute jalan tikus di Jakarta.

Untuk itu butuh perlakuan khusus bagi anak lelaki untuk membantu emosi serta kemampuan sosialnya berkembang optimal. Bagaimana caranya?

 

1. Asah Pemikiran yang kritis

Belajar langsung, kinestetik, atau melakukan metode pembelajaran STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika). Metode STEAM yaitu melatih anak berpikir secara kritis serta membangun cara berpikir logis dan sistematis. Melalui metode ini anak akan belajar tanpa menyadari bahwa dirinya sedang belajar.

Dikutip dari School of Parenting, caranya adalah dengan mendorong anak bertanya, bekerja bersama anak (terlibat dalam aktivitas anak), mengajarkan anak berpikir secara kreatif dan mendorong anak menyelesaikan masalah (problem solving).

 

2. Biarkan anak terlibat aktif

Libatkan anak dalam proses pembelajaran dengan memungkinkan mereka memiliki saran, ide, dan tujuan mereka sendiri. Bicarakan kekurangan dan kelebihan ide dari anak dan berusahalah mencari jalan tengahnya.

3. Gambar dan teknologi

Anak lelaki lebih menyukai dan mengerti secara cepat jika dijelaskan suatu hal menggunakan grafik, gambar, dan teknologi. Cobalah untuk membuat penjelasan sebuah hal yang rumit dengan gambar atau grafik.

4. Persaingan/ Kompetisi Sehat

Bangun beberapa persaingan sehat melalui aktivias debat dan permainan. Bisa juga mengikutsertakan anak dalam kompetisi. Dengan begitu anak akan belajar berlatih, gagal, menghadapi kemenangan dan bekerja dalam tim.

Laporan Anisha Saktian/ Sumber: Fimela

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Latihan Penting Biar Anak Punya Kecerdasan Emosi yang Baik

Latihan Penting Biar Anak Punya Kecerdasan Emosi yang Baik

Anak yang cerdas secara emosi artinya mampu mengenali, merasakan dan mengelola emosinya.

Baca Selengkapnya
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Anak keras kepala cenderung ingin mencoba sesuatu dan tak mendengar pendapat orang lain.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
90 Kata-Kata Sedih Kehidupan Keluarga yang Wakili Perasaan, Penuh Emosi dan Bikin Sedih

90 Kata-Kata Sedih Kehidupan Keluarga yang Wakili Perasaan, Penuh Emosi dan Bikin Sedih

Kehidupan keluarga penuh dengan makna-makna yang bisa mengubah cara pandang kita terhadap cobaan dan ujian.

Baca Selengkapnya
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya

Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya

Dia tidak kuat menahan kesedihan dan kerinduan karena banyak kenangan manis bersama ibunya.

Baca Selengkapnya
4 Hal yang Bisa Dipelajari Buah Hati yang Masih Remaja Pada Gelaran Pemilu

4 Hal yang Bisa Dipelajari Buah Hati yang Masih Remaja Pada Gelaran Pemilu

Usia pra remaja memang belum bisa memilih, tapi dari momen Pemilu ini anak-anak bisa belajar banyak hal.

Baca Selengkapnya
Yuk Ajarkan kepada Anak Sejak Masih Dini, Inilah 4 Hadis Ringan yang Gampang Dihafal

Yuk Ajarkan kepada Anak Sejak Masih Dini, Inilah 4 Hadis Ringan yang Gampang Dihafal

Hadis tersebut mampu membentuk karakter serta nilai-nilai Islami dalam diri seorang anak.

Baca Selengkapnya