Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pelajar di Denmark Paling Bahagia di Dunia, Ini Alasannya

Pelajar di Denmark Paling Bahagia di Dunia, Ini Alasannya

Dream - Pada 2016, Denmark sekali lagi dinyatakan sebagai negara paling bahagia di dunia. Hal ini tak lepas dari sistem pendidikannya yang membuat anak-anak merasa senang saat berada di sekolah.

Justru saat liburan, mereka merasa kangen dengan suasana sekolah. Seperti dikutip dari Brightside, sistem pendidikan di Denmark dibuat untuk membantu setiap pelajar mengembangkan diri dan mencari jati diri tanpa paksaan. Lalu apa yang membuat para pelajar Denmark merasa sangat bahagia di sekolah.

Jadi yang terbaik bukan hal yang utama
Anak-anak di Denmark tidak dipaksa untuk melewati tes, tapi lebih mengembangkan keingintahuan dan kemampuan untuk pengembangan diri. Kurikulum yang dikembangkan juga berdasarkan dengan kemampuan siswa bisa melewatinya. Hasilnya, tidak ada anak di Denmark yang gagal di pendidikan.

Pengembangan karakter
Kurikulum sekolah di Denmark bertujuan untuk mendorong perkembangan karakter individu anak. Jadi, anak tidak hanya belajar tentang pengetahuan dasar dan skill, tapi juga membantu mengembangkan karakternya.

Biasanya pada tingkatakan pra sekolah, anak diberikan 'tugas' rumah terlebih dahulu. Seperti mengikat tali sepatu sendiri, memakai baju sendiri, mengambil makanan dan minuman, serta kemampuan dasar lain. Hal ini sebelum anak diajarkan pendidikan akademik.

Belajar tidak perlu dorongan
Sekolah di Denmark, mendorong siswa untuk mencari informasi, melakukan eksperimen, dan menganalisisnya sendiri secara mandiri. Proses belajar mengajar juga tak melulu di dalam kelas. Anak diajak mengeksplorasi hutan, taman dan lingkungan sekitar.

Mereka percaya bahwa siswa harus mengambil bagian dalam proses belajar daripada hanya mendengarkan gurunya. Anak-anak juga diajarkan untuk memiliki opininya sendiri karena sistem pendidikan mereka menghormati pendapat setiap individu.

Peringkat tes bukan penentu
Jika dibandingkan dengan sistem pendidikan di negara lain yang berpacu pada hasil tes, di Denmark hasil tes tidak ada di urutan teratas berdasarkan kepentingannya. Meskipun begitu, Denmark berada di top 10 negara untuk level pendidikan.

Di Denmark, orang-orang berpikir bahwa penting untuk pelajar menikmati proses belajar, bukannya merasakan bahwa belajar itu proses yang menyiksa setiap harinya.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama
Hanya 11% orang Denmark yang melihat gaji yang besar sebagai faktor penting ketika memilih pekerjaan yang ingin mereka kejar. Pelayanan sosial yang difasilitasi negara hadir membantu murid-murid setara SMA dalam meraih impiannya.

Berdasarkan sebuah survei, 50% remaja di Denmark mengaku kalau mereka bebas menentukan masa depan mereka, terlebih lagi, mereka bisa mengontrolnya.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bukan Cuma Pendidikan Gratis, Ini yang Buat Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Bukan Cuma Pendidikan Gratis, Ini yang Buat Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Ini faktor yang buat Finlandia jadi negara paling bahagia di dunia

Baca Selengkapnya
Banyak yang Bingung Manfaat Cuti Ayah Saat Ibu Melahirkan, Mari Cari Tahu

Banyak yang Bingung Manfaat Cuti Ayah Saat Ibu Melahirkan, Mari Cari Tahu

Sejumlah negara Skandinavia sudah menerapkan kebijakan ini untuk para ayah, baik cuti berbayar maupun tak berbayar.

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Tak Sarapan, Bisa Turunkan Level Konsentrasinya di Sekolah

Jangan Biarkan Anak Tak Sarapan, Bisa Turunkan Level Konsentrasinya di Sekolah

Sayangnya kegiatan sarapan belum menjadi kebiasaan rutin setiap keluarga di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya