Latih Buah Hati Lancar Membaca, Bukan Hanya Bisa

Sebagai langkah awal, ajarkan anak untuk membaca buku dengan suara yang kencang.

Mutia Nugraheni
| 7 Juni 2018 14:03

Dream - Kemampuan membaca dan berbahasa dengan baik merupakan modal penting bagi anak-anak. Untuk itu sejak kecil mulailah mengenalkannya pada huruf serta bacaan-bacaan yang menarik.

Hal ini agar saat anak memasuki sekolah dasar (SD) sudah memiliki kemampuan dasar untuk membaca. Saat di sekolah pun, ia sudah memiliki kemampuan membaca yang sangat lancar. Membaca dengan lancar akan sangat mempengaruhi prestasi anak.

Sebagai langkah awal, ajarkan anak untuk membaca buku dengan suara yang kencang. Dengan membaca bersuara anak akan lebih memahami teks, menggunakan intonasi serta ekspresi serta mengucapkan kata demi kata dengan tepat. Tak heran kalau di sekolah-sekolah dasar, para murid sering diminta membaca dengan suara kencang bergantian.

Latihan tersebut agar anak-anak bisa membaca dengan lancar. Kelancaran membaca sendiri adalah kemampuan anak untuk membaca sebuah teks dengan mudah tanpa terlalu banyak berusaha untuk bisa memahami isi teks.

Ada anak yang bisa lancar membaca dengan suara kencang namun ada juga yang membacanya dengan tanpa bersuara. Penting untuk meminta anak menceritakan kembali buku atau teks yang dibacanya. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana pehamaman anak pada teks yang dibacaya.

Pemahaman dan kelancaran membaca ini sangat penting untuk masa depannya. Mengapa demikian? Tanpa kelancaran, membaca tidak menyenangkan. Anak yang bisa membaca dengan lancar akan mengambil buku dan membaca sendiri, meskipun tidak ditugaskan untuk kelas. Kelancaran ini akan membangkitkan minta bacanya.

Lebih penting lagi, membaca dengan lancar akan mengarahkan anak lebih mudah dalam belajar menulis. Termasuk keterampilan mengolah dan perbendaharaan kata yang lebih baik serta pemahaman yang komprehensif.

Sumber: Verywell

Topik Terkait :

Ma'ruf Amin: Terorisme Itu Bukan Jihad

Jangan Lewatkan