Pandangan Islam Mengggelar Ritual Adat Saat Hamil

Simak penjelasannya.

Mutia Nugraheni
| 23 November 2021 12:06

Dream - Menyambut hadirnya anak dalam keluarga bagi masyarakat Indonesia adalah sebuah momen yang sangat berharga. Bukan hanya melibatkan suami istri tapi juga keluarga besar.

Terutama bagi masyarakat Jawa yang kerap menggelar ritual empat bulanan (Ngupati/ Mapati) dan tujuh bulanan (Tingkeban). Para sesepuh dan kerabat diminta datang untuk ikut mendoakan dan makan bersama, serta terlibat dalam ritual khas.

Lalu bagaimana Islam memandang ritual tersebut? Dikutip dari NU Online, memang tidak ada dalil atau anjuran dalam Islam untuk melakukan ritual tersebut, tapi hal ini tak lantas membuatnya dilarang.

Saat janin berusia 4 bulan, ketika itulah malaikat mendatangi dan meniupkan ruh atas perintah Allah SWT. Ritual empat bulanan yang juga disertai doa bersama, tentunya berharap takdir dan harapan baik bagi janin dalam kandungan ibu.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim yang disebutkan bahwa Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallama bersabda:

 HR Muslim


Artinya: “ Sesungguhnya setiap orang di antara kalian dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya selama empat puluh hari (berupa sperma), kemudian menjadi segumpal darah dalam waktu empat puluh hari pula, kemudian menjadi segumpal daging dalam waktu empat puluh hari juga. Kemudian diutuslah seorang malaikat meniupkan ruh ke dalamnya dan diperintahkan untuk menuliskan empat hal; rejekinya, ajalnya, amalnya, dan apakah dia menjadi orang yang celaka atau bahagia.” (Muslim bin Hajjaj An-Naisaburi, Shahîh Muslim, Kairo: Darul Ghad Al-Jadid, 2008, jil. VIII, juz 16, hal. 165).

Pada saat ditiupkan ruh, para ulama mengajari kita sebagai umatnya untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar janin yang ada di kandungan diberi ruh yang baik dan juga rupa tubuh yang sempurna tak kurang suatu apa pun.

 

Selanjutnya :

Memohon Keselamatan dan Pertolongan Allah SWT

Topik Terkait :

Working Area Bid Mechanism and Open Area Potentials in Indonesia.

Jangan Lewatkan