Otak Ayah Bisa Berubah Drastis Saat Punya Anak

Simak penjelasan dari ahli cognitive neuroscience.

Mutia Nugraheni
| 21 Januari 2022 08:07

Dream - Dalam hal mengurus dan mengasuh anak, sebagian besar orang beranggapan kalau ibu lebih andal, meskipun ayah juga punya caranya sendiri. Memang, baik ayah maupun ibu punya gaya yang berbeda dalam pengasuhan.

Satu yang pasti, setelah anak lahir otak ayah juga mengalami perubahan. Hal ini dijelaskan oleh dr. Putu Ayuwidia Ekaputri Msc, ahli dalam cognitive neuroscience.

Menurutnya, ayah memang tak sepeka ibu karena mereka tak hamil dan melahirkan, tapi bukan berarti dalam pengasuhan anak mereka tak beradaptasi. Ayah justru butuh banyak diberi kesempatan untuk belajar.

" Di awal, ayah mungkin ga segesit, ga sepeka kita. Tp ayah juga perlu diberi KESEMPATAN untuk membangun bonding, melatih diri, dan akhirnya otaknya beradaptasi dengan baik. Perubahan otak ini ga hanya berdampak baik untuk anak tapi juga ayah. Memang, mungkin pengasuhannya tidak sesempurna kita (karena ya otaknya blm beradaptasi seperti ibu), tapi tanpa kesempatan ya Ayah tidak akan belajar," tulis dr. Putu dalam akun Instagram pribadinya @diadiawidia.

Dokter Putu menjelaskan, saat hamil dan melahirkan, tubuh perempuan mengalami berbagai perubahan fisiologis yang melibatkan berbagai hormon. Hal ini juga memfasilitasi perubahan di otak, mempersiapkan otak ibu untuk berespon dan membangun bonding dengan anaknya. Begitu juga dengan otak ayah tapi dengan cara berbeda.

" Perubahan otak ini menetap bertahun-tahun. Apakah ayah juga mengalami perubahan otak? Ternyata otak ayah juga mengalai perubahan yang signifikan. Bagian otak ayah yang berubah salah satunya berkaitan dengan hormon oksitosin, hormon yang mencetuskan rasa bahagia. Sebuah penelitian melihat bagaimana otak ayah saat anak berusia 1-4 minggu dan 12-16 minggu. Perubahan terlihat ketika usia anak 12-16 minggu," ungkapnya.

 

Selanjutnya :

Biarkan Ayah Berusaha

Intip Cerita Keseruan Juara DIW 2022 Part 1

Jangan Lewatkan