Orangtua Wafat, Tekanan Psikologis Bisa Dialami Anak Sepanjang Hidup

Bagi manusia, kematian adalah hal yang pasti. Tapi tak ada yang siap untuk menghadapinya, terutama anak-anak.

Mutia Nugraheni
| 9 Januari 2020 18:03

Dream - Meninggalnya Lina Zubaedah, ibu dari penyanyi Rizky Febian, sangat memukul dirinya dan ketiga adik-adiknya. Iky, sapaan akrabnya, ketika baru tahu sang ibu tak lagi bernyawa tampak begitu terguncang.

Ia menangis tersedu di pelukan Sule, ayahnya. Adik perempuan satu-satunya, Putri Delina, juga sampai terlihat pucat. Bagi manusia, kematian adalah hal yang pasti, tapi tak ada yang siap untuk menghadapinya.

Terutama anak-anak, seperti Rizky, Putri dan dua adik mereka, Rizwan dan Ferdi. Kondisi psikologis mereka pastinya terguncang, apalagi Lina meninggal secara tiba-tiba.

Dikutip dari Hello Motherhood, kematian orangtua adalah salah satu peristiwa paling menegangkan dan signifikan yang dapat dialami seorang anak. Efek psikologis dari kematian orangtua dapat memengaruhi anak selama sisa hidupnya.

" Anak perempuan akan mengalami kedukaan begitu mendalam yang mengguncang jiwanya. Sementar anak lelaki tampak tegar, tapi butuh waktu lama untuk bisa hidup normal kembali," ujar Carla Marie, seorang psikolog, dikutip dari Fatherly.

 

Selanjutnya :

Efek Dahsyat Kematian Orangtua Pada Mental Anak

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan