Orangtua Perlu Tegas dalam Menerapkan 4 Hal Ini

Sebelum anak bisa membuat keputusan dengan matang, tentunya mereka perlu dicontohkan prinsip-prinsip yang baik.

Mutia Nugraheni
| 27 Maret 2017 18:05

Dream - Larangan memang tak sebaiknya terus-menerus dilakukan orangtua. Mengajarkan anak membedakan hal yang baik dan yang buruk, merupakan hal penting. Hal ini agar anak tetap bisa membuat keputusan yang baik bagi mereka meski tanpa pengawasan orangtua.

Sebelum anak bisa membuat keputusan dengan matang, tentunya mereka perlu dicontohkan prinsip-prinsip yang baik. Bentuklah kebiasaan ini dengan tegas dalam aktivitas sehari-hari. Tentunya untuk membentuk kebiasaan yang baik pada si kecil.

Jam tidur
Ketika anak mulai sekolah di taman kanak-kanak, jam tidur harus dibentuk. Anak tak boleh tidur terlalu malam karena akan membuatnya sulit bangun dan akan mengantuk di sekolah. Untuk itu sedari kecil, penerapan jam tidur harus konsisten dan disiplin.

Kesopanan
Banyak orangtua malas mengingatkan anaknya untuk mengatakan 'maaf' jika melakukan kesalahan. Padahal kata tersebut adalah kunci membentuk norma pada anak. Sama seperti mengucapkan 'tolong' ketika butuh bantuan orang lain dan ungkap 'terima kasih' ketika minta bantuan. Sering-seringlah mencontohkan dan mengingatkan anak dengan kata-kata tersebut karena akan menjadi 'modal' untuk membentuk kepribadiannya.

Tanggung jawab
Penting bagi anak untuk belajar menaati peraturan dan kewajiban termasuk di sekolah. Sebagai orangtua Anda harus tegas pada anak semisalnya untuk tepat waktu, memakai seragam,
merawat peliharaan, menjaga barangnya atau memperbaiki barang yang dirusaknya.

Kesehatan
Tentunya membuat aturan mengenai kesehatan sangat penting meskipun terkadang anak masih suka menolak ketika diberi makanan sehat yang disukainya. Tapi mencontoh gaya hidup
sehat merupakan suatu kewajiban orangtua. Melakukan kegiatan olahraga atau sekedar bermain di luar rumah bisa juga diaplikasikan.

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: Very Well

 

Topik Terkait :

Momen Shafira Fitri Baraja Juara DIW 2022 Jalani Umroh

Jangan Lewatkan