Orangtua Juga Bisa 'Durhaka' Pada Anak, Mengapa?

Simak riwayat dari sahabat Rasulullah, Umar bin Khathab.

Mutia Nugraheni
| 10 September 2020 10:03

Dream - Mendengar kata durhaka, selalu identik dengan sikap anak yang buruk dan tidak menghormati orangtuanya. Dalam Islam, sikap durhaka anak pada orangtua merupakan dosa besar.

Ternyata bukan hanya anak saja yang bisa bersikap durhaka, tapi juga orangtua pada anak-anaknya? Hal ini seperti riwayat Umar bin Khathab yang didatangi seorang laki-laki.

Laki-laki itu bercerita kalau memiliki anak yang bersikap durhaka dan buruk. Umar kemudian memanggil anak tersebut dan menegurnya. Anak itu kemudian bertanya, “ Wahai Amirul Mukminin, bukankah anak memiliki hak atas orangtuanya?” dan Umar membenarkan perkataan anak tersebut dan menjelaskan kalau hak seorang anak adalah adalah memilihkan calon ibu yang baik untuknya, memberi nama baik dan mengajari tentang Al Quran.

Anak tersebut kemudian berkata, “ Wahai Amirul Mukminin, ayahku tidak melakukan satu pun dari apa yang tuan sebutkan itu. Ibuku wanita berkulit hitam bekas budak beragama Majusi. Ia menamakanku Ju’lan (tikus atau curut), dan dia tidak mengajariku satu huruf pun dari Al-Qur’an," kata anak tersebut.

 

Selanjutnya :

Durhaka Anak, Durhaka Orangtua

Streaming Melihat Deretan Koleksi Busana Terakhir Barli Asmara

Jangan Lewatkan