Orangtua dan Anak Saling Angkat Derajat di Akhirat

Jika derajat anak-cucunya berada di bawahnya, maka bisa diangkat setara dengan derajat orangtuanya.

Mutia
| 3 Agustus 2018 16:12

Dream - Selama ini kita sering mendengar kalau anak-anak yang saleh dan saleha akan mengangkat derajat orangtuanya kelak di akhirat. Para orangtua pun semaksimal mungkin mengajarkan ilmu agama pada anak-anaknya.

Sebagaimana hadits yang sering kita dengar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: " Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau doa anak yang saleh" .

Sebenarnya orangtua juga bisa mengangkat derajat anaknya di akhirat kelak, bahkan ini berlaku bagi cucu dan keturunannya ke bawah. Jika derajat anak-cucunya berada di bawahnya, maka bisa diangkat setara dengan derajat orang tuanya.

Dari Sa’id bin Jubair dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma, beliau berkata,

 Said bin Jubair


Allah mengangkat derajat anak cucu seorang mukmin setara dengannya, meskipun amal perbuatan anak cucunya di bawahnya, agar kedua orangtuanya tenang dan bahagia. Kemudian beliau membaca firman Allah yang artinya, “ Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan” ( AthThuur : 21) kemudian beliau berkata: dan kami tidak mengurangi dari bapak-bapak mereka apa yang kami berikan kepada anak mereka”.

Syaikh Al-Albani rahimahullahu menjelaskan bahwa riwayat ini sanadnya shahih. Beliau berkata:

 Syaikh Albani

Tidak diragukan lagi mengenai hal tersebut, akan tetapi mungkin bisa dikatakan hadits ini mauquf (perkataan sahabat) sengan status hukum marfu’ (sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). Karena tidak dikatakan semata-mata ra’yu (pendapat Ibnu Abbas), bahkan ini adalah zahir ayat yang disebutkan… dan sanadnya shahih”.

Jadi, bukan hanya meminta dan menyuruh anak belajar agama. Orangtua juga sebaiknya terus memperbaiki diri, meningkatkan keimanan dan akhlak, karena kelak menjadi 'tabungan' luar biasa untuk di akhirat bagi keturunan.

Selengkapnya baca di sini.

Sumber: muslim.or.id

Topik Terkait :

Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!

Jangan Lewatkan