Nadiem Makarim Beri Semangat untuk Istrinya, So Sweet

Para ayah, langkah Mendikbud ini layak ditiru.

Mutia Nugraheni
| 29 Maret 2021 08:05

Nadiem Makarim Gelar Tedhak Siten untuk Putrinya Secara Privat

Dream - Bagi masyarakat Jawa, ada ritual yang kerap dilakukan dalam siklus hidup buah hati, yaitu Tedhak Siten. Ritual ini dilakukan saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Rupanya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, termasuk orang yang masih menjunjung tinggi budaya Jawa. Beberapa hari lalu ia menggelar prosesi Tedhak Siten untuk putri bungsunya.

Acara tersebut digelar secara privat. Hanya dihadiri oleh keluarga inti dan para sesepuh. Pandemi tak menghambat sang Menteri untuk tetap melakukan Tedhak Siten, hal ini tentu sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta karena putri kecilnya tumbuh dengan sehat dan mulai belajar berjalan.

Tedhak Siten putri Nadiem Makarim

"Tedhak Siten kali ini sedikit berbeda karena dihadiri keluarga inti dan eyang saja, dan persiapan semua dikerjakan sendiri. Tapi jadi lebih intim malah rasanya. Semoga anak kami senantiasa diberikan kekuatan dan bekal kebahagiaan di dalam hidupnya," tulis Nadiem di akun Instagramnya.

Tedhak berarti menginjak, dan Siten artinya tanah. Ritual ini biasanya dilakukan para orangtua keturunan Jawa saat buah hatinya berusia sekitar tujuh atau delapan bulan. Makna dari Tedhak Siten adalah penghormatan terhadap bumi/ tanah yang memberi banyak hal dalam kehidupan manusia, juga mendoakan anak untuk siap menjalani kehidupan di masa depannya.

Sahabat Dream juga menggelar Tedhak Siten untuk si kecil?

 

Selanjutnya :

Curhat Nadiem Makarim 'Rusuhnya' Punya 3 Anak Balita di Rumah

BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar

Jangan Lewatkan