Nabi Muhammad SAW Percepat Salat Saat Ada Anak Menangis

Sebelum memulai salat, Rasulullah memastikan dahulu para makmumnya.

Mutia
| 30 November 2018 16:19

Dream - Sikap lembut dan penuh kasih sayang Nabi Muhammad SAW, selayaknya kita jadikan teladan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya, sikap beliau yang sangat bijak ketika salat dan terdengar suara anak kecil menangis.

Saat itu, seperti biasa Rasulullah SAW datang ke masjid untuk mengimami salat. Hari itu seperti hari-hari biasa, memang tidak ada yang berbeda. Sebelum memulai salat, Rasulullah memastikan dahulu para makmumnya.

Barisan salat, oleh Rasulullah diperhatikan dengan betul. Jangan sampai ada shaf atau barisan yang kosong atau renggang.

Rasulullah mendatangi barisan demi barisan guna memastikan kerapatannya. Rasulullah berkata kepada semua orang yang mengikuti shalat jamaah pada saat itu untuk merapatkan barisan.

“ Luruskan, luruskan, luruskan,” tutur Rasulullah. (HR. An-Nasa’i)

Seperti anjuran Rasul, barisan salat terdiri dari laki-laki dan perempuan. Barisan laki-laki ada di depan, tepat di belakang Rasul. Sedangkan barisan perempuan ada di barisan yang paling belakang.

Setelah memastikan semua barisan lurus dan rapat, Rasulullah pun memulai takbir untuk saalat dan melanjutkan bacaan salatnya. Para sahabat mengikutinya dengan khusyuk, baik sahabat laki-laki maupun perempuan.

 

Selanjutnya :

Terdengar Suara Anak Menangis

Hoaks Teror Bom di Reuni 212

Jangan Lewatkan