Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Momen Usia 2 hingga 7, Anak Mengalami 'Semburan' Perkembangan Otak

Momen Usia 2 hingga 7, Anak Mengalami 'Semburan' Perkembangan Otak Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Stimulasi bagi anak idealnya terus dilakukan setiap hari. Saat di sekolah stimulasi memang diberikan dengan lebih teraarah. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang saat anak tak bisa sekolah, orangtua lah yang paling berperan dalam memberikan stimulasi demi perkembanga otaknya.

Mengapa? Dikutip dari Edutopia.org, otak anak-anak berkembang dalam mode seperti 'semburan' yang disebut periode kritis. Fase pertama terjadi sekitar usia 2 tahun, lalu yang kedua terjadi selama masa remaja.

"Pada awal periode ini, jumlah koneksi (sinapsis) antara sel-sel otak (neuron) berlipat ganda. Anak usia dua tahun memiliki sinapsis dua kali lebih banyak daripada orang dewasa. Karena hubungan antara sel-sel otak inilah tempat pembelajaran terjadi, sinapsis dua kali lebih banyak memungkinkan otak untuk belajar lebih cepat daripada waktu kehidupan lainnya," ujar Rishi Sriram, associate professor di School of Education at Baylor University.

Oleh karena itu, pengalaman anak dalam fase ini memiliki efek yang signifikan pada perkembangannya. Periode kritis pertama perkembangan otak ini dimulai sekitar usia 2 tahun dan berakhir sekitar usia 7 tahun.

"Ini memberikan peluang utama untuk meletakkan dasar bagi pendidikan holistik bagi anak-anak. Ada cara untuk memaksimalkan masa kritis ini yaitu mendorong kecintaan belajar, berfokus pada keluasan alih-alih kedalaman, memperhatikan kecerdasan emosional, dan tidak memperlakukan pendidikan anak-anak sebagai pendahulu pembelajaran nyata," kata Sriram.

 

Motivasi anak untuk belajar

Anak-anak usia dini perlu menikmati proses belajar daripada berfokus pada penampilan. Pendidik dan orangtua dapat menekankan kegembiraan dalam mencoba aktivitas baru dan mempelajari sesuatu yang baru.

Kita perlu membantu anak-anak memahami bahwa kesalahan adalah bagian dari pembelajaran yang diterima dan normal. Periode ini juga merupakan waktu untuk membangun pola pikir agar bisa. Tekankan ketekunan dan ciptakan ruang yang aman untuk belajar.

"Anak-anak akan belajar untuk senang belajar jika kita menunjukkan antusiasme terhadap proses daripada terpaku pada hasil," ujar Sriram.

 

Fokus ada pengalaman baru

Salah satu cara untuk menghindari fokus pada hasil selama fase pengembangan ini adalah dengan menekankan luasnya pengembangan keterampilan melebihi kedalaman. Mengekspos anak-anak pada berbagai macam kegiatan meletakkan dasar untuk mengembangkan keterampilan di berbagai bidang. Ini adalah waktu untuk melibatkan anak-anak dalam musik, membaca, olahraga, matematika, seni, sains,Jangan lupa kecerdasan emosi

Kecerdasan emosi
Sebagian besar anak-anak membaca dengan baik dan mempelajari dasar-dasar matematika. Tapi kita tidak boleh mengabaikan kecerdasan emosional. Keuntungan belajar selama periode kritis pertama perkembangan otak ini harus diperluas ke keterampilan interpersonal seperti kebaikan, empati, dan kerja tim.

Daniel Siegel dan Tina Payne Bryson menjelaskan pentingnya mengembangkan empati anak-anak dalam buku The Whole-Brain Child. Empati dimulai dengan mengakui perasaan seseorang. Oleh karena itu, mereka menyarankan untuk membantu anak-anak dalam kelompok usia ini untuk terlebih dahulu melabeli emosi mereka.

 

Belajar bukan hanya akademik

Otak anak-anak dapat menyerap informasi secara unik selama fase kritis 2 hingga 7 tahun. Jika kecerdasan didefinisikan sebagai kemampuan untuk belajar, anak-anak antara usia 2 dan 7 tahun mungkin merupakan manusia paling cerdas di planet ini.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa keterampilan tidak dapat dipelajari dengan baik setelah periode kritis pertama perkembangan otak ini. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dalam rentang usia ini paling cocok untuk mempelajari pola perkembangan bahasa, memungkinkan mereka menguasai bahasa kedua ke tingkat yang sama dengan bahasa ibu.

"Begitu anak-anak mencapai usia 8 tahun, kemahiran belajar bahasa mereka menurun, dan bahasa kedua tidak diucapkan sebaik yang asli. Efek usia yang sama ditemukan saat mempelajari kemampuan musik seperti nada sempurna," kata Sriram.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Main Petak Umpet Direkomendasikan Psikolog Biar Anak Tak Mudah Cemas Saat Ditinggal

Main Petak Umpet Direkomendasikan Psikolog Biar Anak Tak Mudah Cemas Saat Ditinggal

Anak yang berusia di bawah tiga tahun atau batita, memang sangat mudah cemas dan menangis ketika ditinggal orangtua.

Baca Selengkapnya
Masih Ingat Pasangan Beda Usia 36 Tahun? Dulu Dijodohkan Orangtua, Begini Kabar Terbarunya…

Masih Ingat Pasangan Beda Usia 36 Tahun? Dulu Dijodohkan Orangtua, Begini Kabar Terbarunya…

Meski awalnya sulit beradaptasi, namun seiring waktu Ana dan Emen sudah bisa saling memahami satu sama lain

Baca Selengkapnya
Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Keberadaan uban di usia yang terbilang muda seringkali menimbulkan pertanyaan mengenai penyebabnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
Penuhi Asupan Zat Besi Biar Uban Tak Cepat Muncul

Penuhi Asupan Zat Besi Biar Uban Tak Cepat Muncul

Sebagian orang memiliki uban dari usia muda dan ingin menghilangkannya. Intip penjelasan dokter kulit tentang upaya menghilangkan uban.

Baca Selengkapnya
Orangtua Tak Konsisten Ternyata Bikin Anak Gampang Ngamuk

Orangtua Tak Konsisten Ternyata Bikin Anak Gampang Ngamuk

"Orangtua yang gak konsisten bikin anak jadi bingung. Anak jadi gak ngerti sebenarnya boleh apa nggak?"

Baca Selengkapnya
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya