'Modal' Wajib Bagi Orangtua Saat Ingin Disiplinkan Anak

Penuh tantangan karena anak seringkali berkehendak sesuai dengan keinginannya sendiri.

Mutia
| 15 Januari 2018 08:10

Dream - Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh dengan kepribadian yang baik, penuh rasa disiplin, serta memiliki empati. Hal ini tak mungkin terbentuk tanpa penerapan disiplin dari orangtua.

Tapi tak mudah dalam menanamkan kedisiplinan pada anak-anak. Mereka seringkali berkehendak sesuai dengan keinginannya sendiri. Masa kecil memang penuh dengan imajinasi sehingga anak sangat senang bereksplorasi. Mereka pun merasa tertantang dari segala aturan yang diberikan.

Kedisiplinan pada anak hanya bisa ditanamkan ketika orang tuanya sendiri berdedikasi tinggi. Dibutuhkan kerja keras untuk membangun karakter tersebut. Pastikan orangtua punya modal ini jika ingin mendisiplinkan anak.

1. Hindari perasaan terlalu cemas
Beberapa orangtua memiliki kekhawatiran tinggi akan keselamatan anaknya. Berbagai cara pun dilakukan agar anak terhindar kesulitan. Justru hal ini membuat orangtua jadi tak bisa menrapkan kedisiplinan. Kuncinya adalah dengan membiarkan si kecil mampu menjaga dirinya sendiri. Seimbangkan dengan perlindungan Anda, agar mereka terbiasa membuat keputusan yang benar dengan caranya sendiri.

2. Beri contoh positif
Anak-anak belajar dengan mencontoh perilaku orang di sekitarnya. Untuk itu sangat penting dalam memberi contoh yang baik. Jaga cara berbicara. Termasuk dalam pemakaian gadget di rumah. Jangan sampai si kecil kecanduan bermain ponsel karena melihat Anda yang selalu terpaku dengan gadget.

3. Konsisten
Beberapa orangtua memberi ancaman ketika anaknya hendak berbuat di luar batas. Namun ancaman tersebut hanya merupakan omong kosong belaka. Terapkan konsekuensi bagi si kecil
dengan cara yang konsisten. Apabila ia menerima konsekuensi selama beberapa saat saja, kebiasaan buruknya tidak akan berhenti.

4. Kelola stres
Orangtua yang mampu mengontrol rasa stresnya dengan baik cenderung lebih mampu mengatasi perilaku buruk anak-anak. Stres yang tidak terkontrol akan menyebabkan Anda merasa emosi. Berteriak tidak akan bisa membuat anak disiplin.

5. Instruksi yang jelas
Membuat peraturan di rumah sangat penting dilakukan. Hal ini agar membentuk anak terbiasa menaati aturan yang berlaku. Pastikan aturan yang diterapkan disampaikan melalui instruksi yang jelas dan detail agar anak-anak tak menjadi bingung.

Laporan Annisa Mutiara

Sumber: Verywell

Topik Terkait :

The sisters Eps 2 - Honeymoon With My Sisters

Jangan Lewatkan