Modal Penting Bagi Buah Hati Agar Mudah Beradaptasi

Anak-anak tentunya bakal menghadapi sederet perubahan besar dalam hidupnya.

Mutia Nugraheni
| 12 Maret 2019 14:06

Dream - Perubahan dalam kehidupan adalah sebuah hal mutlak. Ada yang berupa perubahan kecil namun ada juga yang drastis dan membuat kehidupan jadi sangat berbeda dari biasanya.

Anak-anak tentunya bakal menghadapi sederet perubahan besar dalam hidupnya. Untuk itu penting bagi ayah dan bunda memberi 'modal' buah hati berupa kemampuan adaptasi yang tinggi.

" Banyak hal yang bisa diajarkan agar anak memiliki kemampuan adaptasi yang baik, semuanya dimulai dari rumah. Langkah pertama adalah dengan menciptakan batasan berupa aturan d rumah," ungkap Lauren Tamm, seorang pakar pengasuhan seperti dikutip dari WifeandMom.

Sangat sulit memang menciptakan batas bagi anak, tapi ini sangat dibutuhkannya kelak. Mereka bakal menghadapi banyak aturan ketika beranjak remaja dan dewasa. Terapkan aturan di rumah yang wajib ditaatinya. Jika melanggar, akan ada konsekuensi yang akan dijatuhkan.

" Batasan atau aturan ini semacam melatihnya untuk mengontrol diri dengan baik," ungkap Tamm.

Hal yang juga perlu terus diasah pada anak adalah empatinya. Jangan segan untuk menceritakan kondisi orang yang kurang beruntung saat berada di jalan. Misalnya ada pengemis atau anak jalanan yang mencari uang.

" Ajak anak berdiskusi tentang hal tersebut, lalu bandingkan dengan kondisinya, yang masih memiliki ayah ibu, berkendara dengan nyaman bisa sekolah serta hal-hal yang harus disyukurinya. Diskusi tersebut pasti akan membekas pada diri anak dan berdampak pada empatinya," kata Tamm.

Empati adalah modal penting untuk beradaptasi. Anak akan menghadapi berbagai karakter orang. Memiliki empati berarti ia akan melakukan pertimbangan sebelum melakukan sesuatu di tempat dan situasi baru.

Topik Terkait :

Hotman Paris Beberkan Alasan Syahrini Unfollow Dirinya

Jangan Lewatkan