Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menguak Misteri Tiga Bahasa Tubuh Si Kecil

Menguak Misteri Tiga Bahasa Tubuh Si Kecil Ilustrasi

Dream - Menghadapi perilaku bocah balita kesayangan, kadang memicu tawa, gemas dan tentunya kesal. Ada kalanya mereka tak mau atau tak bisa mengungkapkan apa yang diinginkan. 

Efeknya, si balita menangis, mengamuk dan kita pun kebingungan. Sebagai orangtua, kita pun harus pintar-pintar melihat kebiasaan dan bahasa tubuhnya. Faktanya, menurut penelitian, meski anak usia 2 tahun sudah mengerti 200 kata, tetapi hanya 50 kata yang sering dipakainya.

"Mempelajari bahasa tubuh anak semacam cara pencegahan dan berusaha mengerti mereka. Kuncinya adalah memperhatikan kebiasaan mereka sehari-hari," ujat Mark Sossin, co-director,
dalam Infant/Toddler Research Nursery di Pace University, New York City, Amerika Serikat.

Ada tiga bahasa tubuh anak yang menurut penelitian Sossin memiliki makna tertentu. Coba perhatikan bahasa tubuh si kecil, mungkin saja maksud yang ia sampaikan sering salah dimengerti oleh Anda.

- Berdiri dengan tangan terlipat di depan mainan baru
Si kecil baru saja dibelikan mainan baru, namun saat ia melihat, reaksinya malah tak mau memegang. Tangannya dilipat. Mungkin Anda berpikir ia tak menyukainya. Namun menurut Sossin, bahasa tubuh tersebut menunjukkan kalau ia kebingungan dan merasa aneh dengan apa yang tak familiar berdekatan dengannya.

"Jangan memaksa anak untuk langsung memegang apalagi memainkannya. Contohkan dulu bagaimana memainkannya, biasanya si kecil akan tertarik dan ingin ikut memainkan. Bisa juga
karena ada gambar atau pola yang menurutnya menakutkan dalam mainan tersebut," ungkap Sossin.

- Menutup wajah saat bertemu dengan kerabat
Saat bertemu dengan tante atau om-nya si kecil malah menutup wajah. Mungkin Anda berpikir kalau anak tak mau melihat orang lain. Tapi dengan bahasa tubuh tersebut ia sebenarnya tak
mau dilihat oleh orang lain.

Ada rasa khawatir bertemu dengan orang asing dan anak kadang lebih memilih untuk bersembunyi di pelukan ayah atau ibu. Biasanya hal ini terjadi jika dalam situasi tersebut benar-benar tak ada mainan, anak kecil atau hal menarik untuknya atau si kecil baru pertama kali.

Untuk membuat si kecil tenang, jangan mengatakan di depan banyak orang kalau anak memang pemalu atau "jago kandang". Buatlah situasi tersebut jadi menyenangkan untuknya. Jelaskan kalau tantenya punya banyak cemilan lezat serta mainan.

- Tak mau kontak mata
Saat Anda menghampiri si kecil wajahnya terlihat panik dan tak mau melakukan kontak mata. Ya memang, biasanya ia melakukan sesuatu yang dianggapnya buruk. Tak mau melakukan kontak mata berarti ia merasa bersalah.

Tak mau memandang Anda karena malu dan takut. Hindari langsung mengkonfrontirnya. Lihat sekeliling jika ada hal yang rusak, tumpah atau apa pun itu, mita si kecil untuk membereskan dan menjelaskannya. Hal terpenting adalah mengajarkannya bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.

Sumber: Parents

 

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
45 Kata Ucapan Selamat Hari Ibu dalam Bahasa Inggris yang Bikin Hati Tersentuh

45 Kata Ucapan Selamat Hari Ibu dalam Bahasa Inggris yang Bikin Hati Tersentuh

Kata ucapan selamat Hari Ibu dalam Bahasa Inggris menjadi referensi untuk mengungkapkan betapa berharganya seorang ibu.

Baca Selengkapnya
Biar Gak Bingung Lagi, Ini Arti 44 Istilah dalam Pemilu 2024 yang Sering Digunakan

Biar Gak Bingung Lagi, Ini Arti 44 Istilah dalam Pemilu 2024 yang Sering Digunakan

Dengan mengetahui istilah Pemilu, kamu bisa memahami lebih baik saat membahasnya.

Baca Selengkapnya
Suka Bikin Pusing, Inilah Bahasa Cewek yang Sulit Dipahami, Cowok Wajib Tahu!

Suka Bikin Pusing, Inilah Bahasa Cewek yang Sulit Dipahami, Cowok Wajib Tahu!

Terkadang cewek memberikan kode-kode khusus yang sulit dipahami, terutama oleh cowok.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.