Menguak Fakta Soal Anak 'Favorit' dalam Keluarga

Sering tak disadari orangtua, tapi anak yang lain merasakannya.

Mutia Nugraheni
| 27 Oktober 2020 12:04

Dream - Bagi para orangtua, bila ditanya 'apakah memiliki anak favorit/ kesayangan?', jawaban bijak cenderung akan dilontarkan. Tentunya orangtua tak mau menyakiti hati buah hatinya dengan mengungkap siapa anak kesayangannya.

Bagaimana faktanya? Penelitian menunjukkan bahwa ada kemungkinan besar orangtua memang memiliki anak kesayangan atau yang paling disukai, baik disadari maupun tidak. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menemukan 74% ibu dan 70% ayah melaporkan perlakuan istimewa terhadap satu anak.

Orangtua yang terlibat dalam penelitian ini tidak menunjukkan anak mana yang mereka sukai, tapi anak-anak mereka sering kali dapat merasakan anak mana yang menjadi kesayangan orangtuanya.

" Biasanya, anak favorit ini tidak ada hubungannya dengan mencintai satu anak lebih dari yang lain. Ini lebih mungkin didasarkan pada bagaimana kepribadian orangtua selaras dengan kepribadian anak. Meski orang tua mengenali kondisi tersebut, mereka tetap enggan mengakui karena takut menyakiti perasaan anak lain," kata Sherri Gordon, seorang pakar pengasuhan anak, dikutip dari VeryWell

 

Selanjutnya :

Tiap Anak Unik

NCTZEN ONLINE FAN PARTY - Kapanlagi Korea

Jangan Lewatkan