Mengenal Gerakan PAUD Holistik Integratif untuk Generasi Bangsa

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting bagi anak dan membuatnya lebih siap menjalani jenjang pendidikan selanjutnya.

Mutia Nugraheni
| 24 Juni 2021 15:09

Dream - Masih banyak orang yang menganggap sebelah mata dengan pendidikan anak usia dini, yaitu pendidikan untuk anak usia 1 hingga 6 tahun. Hal ini karena pendidikan dianggap formal dan harus dijalani serius ketika anak masuk Sekolah Dasar (SD).

Faktanya pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting bagi anak dan membuatnya lebih siap menjalani jenjang pendidikan selanjutnya di SD. Anak usia dini yang mendapat stimulasi optimal, tumbuh kembangnya cenderung lebih baik. Mulai dari aspek fisik, emosi dan sosial.

Hal inilah yang membuat pemerintah dengan sinergi dari lima kementerian yaitu yaitu Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Bappenas, Kemendikbud, Kemendagri, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PP PA) meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) 2020-2024 pada hari ini, 24 Juni 2021.

 5 Kementerian Luncurkan Rencana Aksi Nasional PAUD Holistik Integratif

" Pendidikan merupakan investasi besar sejak dini. Menurut kajian, yang mengikuti PAUD, readiness (kesiapan) untuk sekolahnya sangat tinggi. Berkaitan dengan pembangunan manusia berkulaitas yang jadi salah satu prioritas nasional. Melalui PAUD mendukung pengembangan manusia berkualitas," ujar Ir. Subandi MSC, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas, dalam acara yang digelar secara daring.

 

Selanjutnya :

Aspek Pengembangan Anak Secara Menyeluruh

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan