Akikah Buah Hati, Tersimpan 4 Hikmah yang Luar Biasa

Setelah anak lahir, Islam menganjurkan orangtua untuk melaksanakan akikah.

Mutia Nugraheni
| 6 Agustus 2020 14:04

Dream - Membangun sebuah keluarga berlandaskan niat karena Allah SWT, bakal mendatangkan keberkahan dunia akhirat. Kehadiran buah hati di tengah keluarga, wajib disambut penuh dengan rasa syukur dan kesiapan untuk mendidiknya agar menjadi seorang muslim/ muslimah yang baik.

Setelah anak lahir, Islam menganjurkan orangtua untuk melaksanakan akikah. Memotong seekor kambing jika yang lahir anak perempuan dan dua ekor kambing jika dikaruniai anak lelaki.

Syariat ini disunnahkan. Jika orangtua mampu, akikah akan membawa banyak hikmah. Apa saja? Berikut penjelasannya dikutip dari Bincang Muslimah.

Bersyukur
Mengakikahkan anak merupakan bagian dari bersyukur. Bergembira atas nikmat Allah SWT yang telah memudahkan proses persalinan, memberikan rezeki kepada kedua orangtua berupa seorang anak, dan anak yang mencintai kepada orangtuanya. Seperti diperingatkan Allah dalam surah AzZumar dan Ibrahim.

“ …Jika kamu bersyukur, Dia meridai kesyukuranmu itu …” (Q.S. Az-Zumar/7) “ …Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu…” (Q.S. Ibrahim/7).

 

Selanjutnya :

Umumkan Nasab dan Kedermawanan

Topik Terkait :

Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan