Memainkan Lidah, Si Bayi Ternyata 'Kirim Sinyal'

Orangtua tentu harus lebih peka.

Mutia Nugraheni
| 18 Maret 2020 10:03

Dream - Bayi sangat suka memainkan lidahnya. Bagi orang dewasa, kita sering menganggapnya sebagai aktivitas bermain. Ternyata lebih dari itu, saat menggerakkan lidah, bayi juga sedang berkomunikasi.

Si kecil terkadang ingin menyampaikan sesuatu dengan caranya. Orangtua tentu harus lebih peka. Sebagai panduan dalam mengenali 'bahasa' bayi dengan lidahnya, petunjuk berikut mungkin bisa jadi acuan.

Berikut makna-makna di balik aktivitas bayi menjulurkan lidahnya.

1. Lapar
Bayi punya refleks menyedot yang kuat. Menjulurkan lidah bisa jadi caranya untuk mengatakan bahwa " Ma, Pa, mau minum" . Menjulurkan lidah biasanya dijadikan bayi sebagai tanda di awal sebelum menangis kalau permintaannya tak kunjung dipenuhi. Biasanya gerakan menjulur lidah ini ini akan disusul dengan tangan yang dimasukkan ke mulut.

2. Kenyang
Berbanding terbalik dengan tanda pertama, kalau si bayi menjulurkan lidahnya di saat sedang menyusu ASI atau disuapi bubur, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa dia sudah kenyang dan tak mau lagi memasukkan minuman atau makanan lagi ke mulutnya. Orangtua harus peka menangkap tanda ini karena bisa-bisa bayi muntah dan menangis kalau diteruskan.

3. Mengajak
Bayi punya kecenderungan untuk menirukan apa yang dia lihat. Kalau bayi sedang ada di kondisi sudah selesai makan dan tiba-tiba menjulur-julurkan lidah dengan ekspresi yang terlihat nakal, bisa jadi dia sedang mengajak orangtuanya bermain. Dia menjulurkan lidah mengikuti apa yang biasa orang dewasa lakukan waktu mengajaknya bermain.

Selengkapnya baca di Diadona.id 

 

Selanjutnya :

Mengapa Bayi Suka Sekali Memasukkan Apapun ke Mulut?

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan