Melirik Keseruan Konsep Sekolah TK ala Reggio Emilia

Anak-anak bukan hanya duduk di dalam kelas, tapi lebih banyak melakukan eksplorasi di luar ruangan.

Mutia
| 9 Februari 2018 19:40

Dream - Sebuah sekolah playgroup dan taman kanak-kanak (TK) di Melbourne, Australia sangat mencuri perhatian. Sekolah ini bernama Explorers Early Learning (EEL). Konsep pengajaran, bentuk kelas serta aktivitas yang diberikan pada murid-muridnya sangat seru.

Sekolah EEL memang menerapkan konsep pendidikan ala Reggio Emilia. Konsep tersebut dikembangkan oleh Loris Malaguzzi dan para orangtua di daerah sekitar Reggio Emilia di Italia setelah Perang Dunia II.

 Sekolah EEL

Filosofi dasarnya sendiri adalah merangsang anak untuk mengeksplorasi dan berkolaborasi dengan lingkungan di sekitarnya untuk mempelajari sesuatu. Pengajaran didasarkan pada kesukaan dan minat anak.

 Sekolah EEL

Misalnya saat anak sangat suka sekali dengan bunga, maka taman akan menjadi 'kelas' utama. Anak akan diajarkan menanam bunga, membersihkan taman dan sejenisnya. Guru menjadi pemandu dan akan bekerja sama dengan anak, bukan selalu memberi instruksi.

 Sekolah EEL

Lingkungannya sendiri memang sangat mengandalkan ruangan terbuka dengan banyak pepohonan dan pencahayaan mumpuni. Seperti bentuk sekolah EEL ini. Sebagian besar mainan yang ada dibuat dari bahan daur ulang atau bahan alami.

 Sekolah EEL

Anak-anak pun lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Bukan hanya duduk di dalam kelas, tapi lebih banyak melakukan eksplorasi di luar ruangan. Tampak seru dan menyenangkan ya, Sahabat Dream.

Sumber: Explorers Early Learning (EEL)

Topik Terkait :

Q&A Marcello Tahitoe - Sampah Sampah Dunia Maya

Jangan Lewatkan