Mana yang Harus Didahulukan, Anak atau Pasangan? Yuk Cari Tahu

Salah satu pertanda hubungan yang berkualitas adalah seseorang menjadikan pasangannya sebagai prioritas.

Mutia Nugraheni
| 24 April 2018 08:04

Dream - Seringkali orangtua dihadapkan dengan dilema. Mendahulukan kepentingan pasangan atau anak. Para ibu misalnya, saat menghadapi situasi harus menyiapkan kebutuhan anak dan suami di waktu yang bersamaan.

Suami biasanya cenderung mengalah dan akhirnya keperluan anak-anak yang didahulukan. Tapi ternyata sebaiknya baik suami maupun istri mendahulukan dulu kebutuhan pasangannya dengan cara mencari jalan tengah. Tak selalu mendahulukan kepentingan anak

" Studi menunjukkan bahwa keluarga yang mampu menemukan bahwa jalan tengah pada akhirnya lebih baik, karena anak-anak tumbuh melihat hubungan yang sehat dan penuh kasih di antara orangtua mereka," ujar Raffi Bilek, seorang terapis keluarga dan direktur Baltimore Therapy Center.

Menurut Bilek ketika tak selalu memprioritaskan anak dan mendahulukan kepentingan pasangan, hubungan suami istri malah jadi lebih kuat. Salah satu pertanda hubungan yang berkualitas adalah seseorang menjadikan pasangannya sebagai prioritas.

" Banyak konflik keluarga muncul karena hal ini, orangtua kemudian seperti menempatkan anak-anak berada dalam lingkaran konflik. Seakan anak lah yang jadi penyebabnya dan ini menimbulkan trauma berkepanjangan pada anak-anak," ungkap Bilek.

Padahal akan lebih baik jika kepentingan anak tak selalu didahulukan. Apalagi jika mereka sudah beranjak besar dan sudah cukup mandiri untuk mengurus segala keperluannya.

" Sempatkan untuk menghabiskan waktu berdua saja dengan pasangan. Hal ini sering dilupakan padahal sangat penting untuk menjaga hubungan suami istri tetap sehat dan keluarga tetap hangat," ujar Susan Groner, ahli pengasuhan keluarga dan penulis buku The Parenting Mentor.

Jadi mulai sekarang coba cari jalan tengah dan menjadikan pasangan sebagai prioritas lebih dulu. Bukan hanya baik untuk hubungan suami istri tapi keharmonisan keluarga secara keseluruhan.

Sumber: Fatherly

Topik Terkait :

Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly

Jangan Lewatkan