Main Sama Anak Secara Fokus, Ini Efek Dahsyatnya

Jangan sampai kita memarahi anak saat ia mengajak bermain.

Mutia Nugraheni
| 31 Mei 2019 08:08

Dream - Kesibukan sering membuat kita lupa kalau anak membutuhkan waktu bersama orangtuanya. Anak-anak pun kerap mengajak kita bermain bersama. Pastikan saat diajak si kecil bermain, ayah bunda jangan malah memarahinya.

Di tengah kesibukan dan rutinitas yang padat, kita seringkali mengabaikan kebutuhan anak untuk bermain. Ada alasan penting kenapa orangtua perlu menyempatkan waktu untuk bermain dengan anak.

Zahra Zahia dalam buku Islamic Montessori menuliskan bahwa bermain merupakan dunia yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Apabila kita tidak menyempatkan waktu untuk bermain dengan mereka, berarti kita sedang menjauhkan diri terhadap kehidupan anak.

Di dalam proses mendidik anak, kita tentu memahami bahwa karakteristik, pola pikir, dan keunikan setiap anak berbeda. Cuma memang seringkali tingkah pola dan perilaku mereka sangat menguras emosi dan energi kita.

Saat mendampingi anak, penting pula untuk bersikap sabar dan lemah lembut. Saat bermain bersama anak, kita bisa mengarahkan mereka untuk menstimulasi pancaindra mereka.

Misalnya, pada anak usia 3-6 tahun, kita bisa memberi mereka kegiatan-kegiatan seperti melihat pemandangan di luar rumah, mencoba berbagai macam rasa makanan dan minuman, mendengarkan suara yang sering didengar anak, mengenalkan berbagai macam aroma, dan mengenalkan berbagai tekstur benda. Maksimalkan waktu bermain ini untuk belajar dan mengenal banyak hal supaya ke depannya mereka bisa lebih semangat dan mudah belajar hal-hal baru.

Jadi, tak perlu langsung marah dan stres ketika anak meminta kita ikut bermain dengannya. Luangkan waktu dan manfaatkan peluang ini untuk si kecil belajar dan membangun ikatan emosinya dengannya.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Alasan Ainindya Saskhita Memilih Jadi Lifestyle Creator

Jangan Lewatkan